Polantas Purbalingga Sudah Dilengkapi Kamera Portabel

Kompas.com - 23/03/2021, 13:31 WIB
Satlantas Polres Purbalingga dengan kamera portabel Kopek Polres PurbalinggaSatlantas Polres Purbalingga dengan kamera portabel Kopek

SOLO, KOMPAS.com - Dalam rangka mendukung pelaksanaan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Satlantas Polres Purbalingga telah memasang kamera portabel pada helm polisi.

Dalam wilayah kerja Ditlantas Polda Jawa Tengah, kamera portabel tersebut diberi nama Kamera Portabel Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor (Kopek).

Kopek menjadi alat perekam dan identifikasi pelanggaran lalu lintas di lokasi-lokasi yang belum terpasang kamera CCTV ETLE.

"Dengan rekaman tersebut petugas akan mengidentifikasi pelanggaran lalu lintas yang ditemukan. Selanjutnya rekaman dijadikan alat bukti pelanggaran," kata Kasatlantas Polres Purbalingga AKP Fadli dikutip, Tribrata News, pada Selasa (23/3/2021).

Baca juga: Kementerian Lingkungan Hidup Sebut Metode Razia Knalpot Bising Salah

Lima helm polisi Polres Purbalingga yang telah dilengkapi kamera portabel KopekPolres Purbalingga Lima helm polisi Polres Purbalingga yang telah dilengkapi kamera portabel Kopek

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

AKP Fadli menjelaskan bahwa Kopek dapat mendeteksi wajah pelanggar yang terintegrasi dengan data SIM dan KTP. Selain itu Kopek juga mampu mengidentifikasi nomor polisi kendaraan pelanggar.

Setelah kejadian pelanggaran direkam, rekaman tersebut diidentifikasi dengan data yang telah terintegrasi dengan pusat data milik Samsat.

"Untuk Satlantas Polres Purbalingga tahap awal sudah memasang Kopek di helm petugas patroli lalu lintas. Jumlahnya ada lima helm dan akan ditambah sesuai kebutuhan," kata AKP Fadli lebih lanjut.

AKP Fadli berharap dengan adanya Kopek, perluasan pelaksanaan ETLE dapat terus dilakukan. Selain itu, diharapkan proses tilang dapat sesuai dengan prosedur yang berlaku tanpa ada lagi tindak penyimpangan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.