Konsesi Dicabut, KTM Mulai Fokus Memperkuat Daya Tahan Mesin

Kompas.com - 22/03/2021, 08:42 WIB
KTM RC16 2021 Foto: KTMKTM RC16 2021

LOSAIL, KOMPAS.com - Sukses KTM di musim lalu membuatnya kehilangan status konsesi. Pada musim 2021, KTM harus bertahan balapan dengan jumlah mesin lebih sedikit.

Alhasil sebelum musim 2021 bergulir KTM memodifikasi mesin KTM RC16, tak hanya dari sisi performa tapi juga memikirkan punya daya tahan lebih kuat dan lebih lama.

Direktur Teknis KTM Sebastian Risse, mengatakan, isu soal kekuatan mesin memang merupakan salah satu fokus pengembangan KTM musim ini.

Baca juga: Para Pengawal Ambulans Sudah Dibekali Kemampuan Khusus?

Livery KTM RC16 tim pabrikan dan tim satelit untuk MotoGP 2021Dok. KTM Livery KTM RC16 tim pabrikan dan tim satelit untuk MotoGP 2021

"Mesin lebih segar dengan jarak tempuh yang lebih sedikit. Ini topik yang harus kami kelola lebih intensif dari tahun-tahun sebelumnya, karena sering mencampur mesin baru dan lama," katanya mengutip Motorsport-Total.com, Minggu (21/3/2021).

Risse mengatakan, ada beberapa skenario yang bisa dipakai.

"Memiliki mesin yang berbeda di kedua motor, atau mesin berbeda tiap hari ke hari. Tapi artinya mesti melakukan penyetelan elektronik," katanya.

Risse mengatakan, ubahan agar mesin lebih tahan lama tidak berpengaruh pada performa RC16. Motor musim 2021 akan tetap bertenaga seperti pada musim lalu.

Baca juga: IIMS Virtual 2021 Phase 2 Umumkan BOS Junior Motocross Championship

Livery KTM RC16 tim pabrikan dan tim satelit untuk MotoGP 2021Dok. KTM Livery KTM RC16 tim pabrikan dan tim satelit untuk MotoGP 2021

"Semua pebalap dapat membandingkan mesin baru dengan mesin tahun lalu. Baik dari data maupun kesaksian pebalap, kami tidak mundur selangkah pun," jelas Risse.

Meski demikian dia tidak menampik bahwa mesin yang lama dipakai maka pasti akan berpengaruh pada kondisi mesin itu sendiri.

"Tentu saja tidak. Bukan berarti sebuah mesin terasa persis sama setelah berjalan 2.000 kilometer seperti saat nol kilometer," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.