Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama MP1, IMI Serius Gelar MiniGP World Series di Indonesia

Kompas.com - 17/03/2021, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Dorna Sports sudah memperkenalkan ajang balap baru, yakni MiniGP World Series. Salah satu pintu menuju MotoGP ini juga akan digelar di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. Pria yang akrab disapa Bamsoet ini mengajak Motora Prima Indonesia (MP1) bergotong royong bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) mempersiapkan Indonesia menjadi tuan rumah FIM MiniGP World Series.

Baca juga: IMI Lagi Godok Konsep FIM MiniGP World Series

Salah satunya dimulai dengan membangun sirkuit MiniGP di daerah Pecatu, Bali. Memanfaatkan lahan seluas lima hektar untuk sirkuit dan 3 hektar untuk sarana penunjang.

Motor balap MiniGP dari OhvaleInstagram @ohvalecup Motor balap MiniGP dari Ohvale

"FIM dan Dorna Sports secara resmi pada tahun 2021 ini telah mengenalkan event Mini GP World Series, sebagai bagian dari penyelenggaraan MotoGP 2021. MiniGP merupakan kejuaraan balap motor dunia yang diikuti pembalap usia 10 hingga 14 tahun,," ujar Bamsoet, dalam keterangan resminya, usai menerima Direksi Motora Prima Indonesia, di Jakarta, Selasa (16/3/21).

Bamsoet menambahkan, di masa mendatang, event MiniGP akan sangat menarik, tidak kalah menarik dari ajang MotoGP. Untuk itu, Indonesia harus mempersiapkan diri sejak dini.

Baca juga: Potensi MiniGP di Indonesia, Sudah Ada Komunitasnya

Turut hadir pengurus IMI Pusat, antara lain Wakil Ketua Umum Internasional dan Event Judiarto, dan Komisi Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis. Sementara direksi Motora Prima Indonesia yang hadir antara lain CEO Rocky Soerapoetra, Managing Director Jimmy Akbar, dan Corporate Communication Ance Dewianti.

Ajang balap MiniGP diadakan di negara manapun yang sanggup, dengan mengikuti regulasi dari FIM dan Dorna, yakni balapan harus digelar minimal 4 seri dengan 8 balapan.

Ajang balap ini juga harus diikuti minimal 15 pebalap permanen di tiap kompetisi. Balapan digelar di sirkuit gokart dan motor balap yang digunakan harus Ohvale GP-0 160 dengan ban Pirelli.

Motor balap MiniGP dari OhvaleInstagram @ohvale_official Motor balap MiniGP dari Ohvale

"Selain membangun sirkuit MiniGP, Motora Prima Indonesia maupun berbagai pecinta olahraga otomotif lainnya juga harus mengembangkan sports talent development untuk mempersiapkan para pebalap muda Indonesia. Sehingga keberadaan sirkuit balap juga ditunjang dengan keberadaan pebalap berkualitas internasional," kata Bamsoet.

Tidak berhenti disitu, MP1 juga akan menggelar MotoGP eSport Indonesian Series bagi gamers dan fans berat MotoGP di Indonesia. Indonesia merupakan negara pertama yang diberikan full rights oleh Dorna.

Untuk diketahui, para pemenang di tiap ajang balap MiniGP ini akan dilombakan lagi di World Final, bersamaan dengan seri terakhir MotoGP.

Pemenang dari World Final akan mendapat tempat di salah satu program Road to MotoGP. Pemenang bisa balapan di Asia Talent Cup, British Talent Cup, Northern Talent Cup, atau European Talent Cup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com