Menperin Tangkap Investasi Baru Rp 17,6 Triliun dari Otomotif Jepang

Kompas.com - 15/03/2021, 07:56 WIB
Mobil-mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, saat tiba di dermaga Car Terminal,  Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah. KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESMobil-mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, saat tiba di dermaga Car Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berhasil mengantongi sejumlah komitmen investasi baru dari perusahaan otomotif Jepang untuk Indonesia hingga Rp 17,6 triliun.

Jumlah itu diperoleh setelah melakukan kunjungan kerja ke Jepang pada 10-11 Maret 2021 lalu, didampingi Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi.

"Empat agenda pertemuan pertama yang dilakukan salah satunya ialah Mitsubishi Motors. Mereka memberikan komitmen akan ada penambahan investasi sebesar Rp 11,2 triliun pada akhir 2025," ucapnya di konferensi virtual belum lama ini.

Baca juga: Tambah Investasi Rp 11,2 T di Indonesia, Mitsubishi Mau Genjot Ekspor

Pabrik Mitsubishi di Indonesia.Istimewa Pabrik Mitsubishi di Indonesia.

Kemudian, pada hari kedua tim deligasi dari Indonesia menyepakati janji Honda Motor Company untuk menambah investasi sekitar Rp 5,2 triliun di Indonesia sampai dengan tahun 2024.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Komitmen tersebut bakal dimanfaatkan untuk pengembangan model kendaraan baru di dalam negeri serta memperluas jangkauan produksi serta ekspor.

"Mereka memberikan komitmen bahwa akan menambah investasi sampai dengan tahun 2024 sekitar 5,2 triliun termasuk dalam pengembangan model-model baru di Indonesia," kata Agus.

"Ia juga menyebut nanti ada fasilitas produksi yang di India dipindahkan ke Indonesia," tambahnya.

Sama seperti Honda, Suzuki turut berkomitmen menambah investasi di RI sebesar Rp 1,2 triliun. Rencananya, dana ini akan dimanfaatkan untuk pengembangan kendaraan tipe Ertiga dan XL7.

Baca juga: Penjualan Mobil Mulai Naik Signifikan Usai Ada Insentif PPnBM

Pabrik Honda di Swindon, Inggriswww.swindonadvertiser.co.uk Pabrik Honda di Swindon, Inggris

"Ertiga dan XL7 ini basisnya ISG (Integrated Starter Generator). Hampir sama dengan mild hybrid, model-model ini yang dikembangkan akan menjadi model untuk tujuan ekspor di pasar Asia dan juga Latin Amerika," jelas Menperin.

Adapun pabrikan otomotif raksasa asal Jepang yang terakhir ditemui ialah Toyota Motors Company. Memang, tidak ada komitmen investasi baru yang bakal digelontorkan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.