Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Kendaraan Bekas di Balai Lelang Meningkat

Kompas.com - 12/03/2021, 14:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan akan transportasi pribadi di tengah masa pandemi yang belum berakhir, berdampak pada penjualan mobil dan motor bekas yang perlahan tetapi pasti kembali merangkak naik, tidak terkecuali untuk balai lelang.

Balai Lelang JBA (PT JBA Indonesia) mengungkapkan bahwa kinerja penjualan mengalami peningkatan.

Hingga jelang akhir kuartal pertama 2021, jumlah pembeli atau peserta lelang mobil dan motor bekas di seluruh cabang JBA naik hingga 11 persen jika dibandingkan kuartal pertama 2020 sebelum pandemi terjadi di Indonesia.

Baca juga: Kesalahan Pengendara Motor Saat Ngerem Pakai Motor Kopling

Melihat pangsa pasar peminat mobil dan motor bekas masih luas dan berpotensi, manajemen JBA pun menyiapkan beberapa inovasi dan fitur baru untuk membuat pengalaman menitip maupun berbelanja mobil lebih mudah, nyaman, dan efisien.

“Kami akan lebih agresif dalam menciptakan inovasi dalam operasional dan layanan kepada penitip dan pembeli kendaraan bekas sehingga dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan produktivitas bisnis,” ujar Deny Gunawan, Chief Operating Officer PT JBA Indonesia, dikutip dari keterangan resmi, Jumat (12/3/2021).

Balai Lelang JBA (PT JBA Indonesia)Doc JBA Balai Lelang JBA (PT JBA Indonesia)

Pertama, One JBA Membership. Program ini dibuat untuk keanggotaan pembeli dan penitip kendaraan lelang, yang hadir dengan empat level tingkatan member yang sesuai dengan kebutuhan pembeli dan penjual kendaraan bekas untuk dilelang di JBA.

Kedua, Quick Pay-Instant Pay-Flexi Pay. Quick Pay merupakan layanan khusus untuk penitip mobil pribadi atau yang disebut dealer untuk mendapatkan hasil penjualan lebih cepat, yaitu di hari lelang atau maksimal H+1 lelang.

Sedangkan Instant Pay Pay memungkinkan penitip mobil pribadi langsung mendapatkan pembayaran hingga 70 persen dari total harga pada hari yang sama mobil dititipkan di pool JBA untuk dilelang.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Bikin SIM untuk Penyandang Disabilitas

Ketiga Stoku, sebuah sistem manajemen inventori kendaraan yang dipersembahkan untuk penitip unit atau kendaraan bekas perusahaan yang akan lelang di JBA.

Selain berhasil menggenjot peminat mobil dan motor bekas untuk membeli melalui lelang, JBA juga menjalankan program donasi kepada wilayah di Indonesia yang terkena bencana di awal bulan Januari lalu sebagai bukti tanggung jawab perusahaan melalui kampanye “JBA Optimalkan Kebaikan”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com