Kegiatan Sosial Unik Komunitas LA 32 Riders, Bedah Toilet Gunung

Kompas.com - 14/03/2021, 12:01 WIB
Komunitas sepeda motor LA 32 Riders membersihkan dan mempercantik toilet di Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah. Foto: dok. LA 32 RidersKomunitas sepeda motor LA 32 Riders membersihkan dan mempercantik toilet di Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah.
|

DIENG, KOMPAS.com - Komunitas sepeda motor LA 32 Riders, melakukan kegiatan sosial yang cukup unik, yaitu membersihkan dan mempercantik toilet di Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Satgas Jamban Jawa Tengah dan DIY dengan membedah toilet di lokasi wisata basecamp Dwarawati, Dieng Kulon, Jawa Tengah (12/3/2021).

Kegiatan sosial ini dilakukan oleh delapan anggota LA 32 Riders, yang sengaja melakukan touring sejauh 531 km untuk mencapai lokasi wisata tersebut.

Baca juga: Honda CB Gelatik, Motor Klasik yang Masih Dicari

Komunitas sepeda motor LA 32 Riders membersihkan dan mempercantik toilet di Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah.Foto: dok. LA 32 Riders Komunitas sepeda motor LA 32 Riders membersihkan dan mempercantik toilet di Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah.

"Bedah toilet ini merupakan kepedulian dan upaya kami dalam mendorong kemajuan pariwisata Nasional di masa pandemi," ujar Yusuf Arief, Founder LA 32 Riders, dalam keterangan resmi, Sabtu (13/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Taufiq Ismail, Tim Pelaksana Satgas Jamban Jateng dan DIY, menyambut baik kerjasama yang telah dilakukan bersama komunitas motor dari Jakarta ini dengan menurunkan 10 anggotanya.

"Kerjasama ini tentunya memberikan contoh yang baik bagi komunitas motor lain dalam menjaga citra berbagai tempat wisata di Dieng," kata Taufiq.

Dalam waktu sekitar tiga jam, toilet yang berjumlah 5 bilik itu selesai dibedah. Mulai dari pembersihan, pengecatan dinding dan melengkapi kebutuhan kebersihan.

Komunitas sepeda motor LA 32 Riders membersihkan dan mempercantik toilet di Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah.Foto: dok. LA 32 Riders Komunitas sepeda motor LA 32 Riders membersihkan dan mempercantik toilet di Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah.

Baca juga: Pembeli Motor Antik di Solo Kebanyakan dari Luar Kota

Tidak hanya bedah toilet, dalam kegiatan sosial ini juga dilakukan penanaman bibit pohon cemara dan bambu cendani sebanyak 40 pohon.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik kegiatan yang dirancang komunitas sepeda motor LA 32 Riders tersebut. 

"Ini adalah bentuk kolaborasi dalam menciptakan kemitraan antara pemerintah dan komunitas dalam melakukan pembenahan pariwisata era baru," kata Sandi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.