Pelabuhan Patimban Jadi Salah Satu Daya Tarik Prinsipal Otomotif

Kompas.com - 12/03/2021, 18:21 WIB
Uji coba bongkar muat kendaran bermotor di Pelabuhan Patimban KemenhubUji coba bongkar muat kendaran bermotor di Pelabuhan Patimban
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam pertemuan dengan para prinsipal otomotif di Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, bahwa pengembangan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat jadi salah satu daya tarik tersendiri.

Sebab, fasilitas yang telah diluncurkan awal atau soft launching pada Desember 2020 tersebut bisa meningkatkan ekspor produk kendaraan bermotor dari Indonesia.

"Pelabuhan Patimban didedikasikan menjadi hub besar dalam produksi kendaraan bermotor di Indonesia maupun ekspor produk otomotif ke pasar global,” ucap Agus dalam keterangan tertulis, Jumat (12/3/2021).

Baca juga: Penjualan Mobil di Februari 2021 Anjlok, Dampak Wacana Insentif PPnBM

Ekspor Mobil ToyotaFoto: TMMIN Ekspor Mobil Toyota

Ia melanjutkan, pelaku industri otomotif dapat memanfaatkan Pelabuhan terkait sebagai mitra strategis dalam aktivitas bongkar muat barang untuk ekspor-impor.

Sehingga hal ini bisa jadi salah satu pusat perdagangan internasional di samping memudahkan proses pengiriman barang ke negara tujuan ekspor masing-masing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kesempatan sama, Agus juga menyampaikan kebijakan program dan proyek baru seperti Undang-undang Cipta Kerja, subtitusi impor, relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), sampai proyek Bintuni mendapat respon positif.

“Pertemuan berjalan dengan baik dan membawa kabar gembira, karena beberapa perusahaan otomotif besar dan petrokimia menyatakan komitmen berinvestasi di Indonesia," kata dia.

Baca juga: Honda Gelontorkan Rp 5,2 Triliun, Mau Relokasi Pabrik ke Indonesia

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan sambutan pada Hari Batik Nasional secara virtual, Jumat (2/10/2020).Dokumentasi Humas Kementerian Perindustrian Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan sambutan pada Hari Batik Nasional secara virtual, Jumat (2/10/2020).

Dari pertemuan dengan prinsipal Honda Motor Company Ltd, Menperin mengantongi komitmen investasi sebesar Rp 5,2 triliun. Sementara itu, Suzuki Motor Corporation berencana menginvestasikan Rp 1,2 triliun.

Adapun Toyota Motor Corporation merealisasikan investasi yang sudah ada, yaitu sekitar Rp 28 Triliun. Kemudian, Mitsubishi Motors Corporation menyampaikan rencana investasi Rp 11,2 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.