Adiputro Mulai Ikut Bikin Bus Rapid Transit

Kompas.com - 01/03/2021, 08:22 WIB
Jetbus BRT DOK. LKPPJetbus BRT

JAKARTA, KOMPAS.comBus Rapid Transit (BRT) kerap muncul di berbagai kota di Indonesia. Misalnya saja seperti armada Transjakarta, sebuah bus yang memiliki lajurnya sendiri serta menggunakan pintu khusus yang ada di tengah.

Pintu tengah ini posisinya agak tinggi, setara dengan halte yang dilewati. Mengutip dari website LKPP, ada bus baru dari Adiputro yang akan digunakan sebagai armada BRT.

Kalau dilihat, armada bus ini dinamai Jetbus BRT yang mengambil basis Jetbus 3+ HDD. Selayaknya BRT, ada pintu khusus yang ada di tengah bus sebagai akses ke kabin dari halte bus atau dikenal dengan high entry.

Baca juga: Mana Lebih Menguntungkan, Kredit Mobil Baru atau Mobil Bekas?

Lay out Jetbus BRTLKPP Lay out Jetbus BRT

Bus ini memiliki kapasitas 47 kursi dengan konfigurasi dua kanan dua kiri yang menghadap ke depan ditambah satu kursi untuk kernet. Lalu untuk sasisnya menggunakan Mercedes Benz OH 1526 dengan transmisi manual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara tampilan luar, masih sama dengan Jetbus 3+ HDD pada umumnya. Hal yang unik adalah tampilan bus ini menggunakan model double glass atau kaca depan ganda. Sedangkan untuk BRT yang beredar saat ini kebanyakan memakai model single glass.

Namun jika dilihat pada berkas lay out bus, terlihat kalau desain yang digunakan adalah bus dengan kaca tunggal. Nampaknya untuk BRT ini kita akan melihat Jetbus 3+ dengan kaca single glass pertama dari karoseri Adiputro.

Baca juga: Lagi Viral Bikers Ditendang Paspampres, Untung Hanya Ditendang

Selain itu, Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, karoseri Adiputro baru pertama kali menggarap bodi bus yang dikhususkan untuk model BRT ini.

“Adiputro nampaknya baru serius menggarap bodi untuk BRT,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Minggu (28/2/2021).

Karoseri besar lainnya di Indonesia sudah memiliki line up bus khusus BRT ini. Misalnya ada Discovery dan Cityline dari Laksana, lalu Max dan Velocity dari Tentrem, Citouro dari New Armada dan lainnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.