Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adiputro Mulai Ikut Bikin Bus Rapid Transit

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus Rapid Transit (BRT) kerap muncul di berbagai kota di Indonesia. Misalnya saja seperti armada Transjakarta, sebuah bus yang memiliki lajurnya sendiri serta menggunakan pintu khusus yang ada di tengah.

Pintu tengah ini posisinya agak tinggi, setara dengan halte yang dilewati. Mengutip dari website LKPP, ada bus baru dari Adiputro yang akan digunakan sebagai armada BRT.

Kalau dilihat, armada bus ini dinamai Jetbus BRT yang mengambil basis Jetbus 3+ HDD. Selayaknya BRT, ada pintu khusus yang ada di tengah bus sebagai akses ke kabin dari halte bus atau dikenal dengan high entry.

Bus ini memiliki kapasitas 47 kursi dengan konfigurasi dua kanan dua kiri yang menghadap ke depan ditambah satu kursi untuk kernet. Lalu untuk sasisnya menggunakan Mercedes Benz OH 1526 dengan transmisi manual.

Secara tampilan luar, masih sama dengan Jetbus 3+ HDD pada umumnya. Hal yang unik adalah tampilan bus ini menggunakan model double glass atau kaca depan ganda. Sedangkan untuk BRT yang beredar saat ini kebanyakan memakai model single glass.

Namun jika dilihat pada berkas lay out bus, terlihat kalau desain yang digunakan adalah bus dengan kaca tunggal. Nampaknya untuk BRT ini kita akan melihat Jetbus 3+ dengan kaca single glass pertama dari karoseri Adiputro.

Selain itu, Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, karoseri Adiputro baru pertama kali menggarap bodi bus yang dikhususkan untuk model BRT ini.

“Adiputro nampaknya baru serius menggarap bodi untuk BRT,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Minggu (28/2/2021).

Karoseri besar lainnya di Indonesia sudah memiliki line up bus khusus BRT ini. Misalnya ada Discovery dan Cityline dari Laksana, lalu Max dan Velocity dari Tentrem, Citouro dari New Armada dan lainnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/01/082200215/adiputro-mulai-ikut-bikin-bus-rapid-transit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke