Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2021, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil secara kredit masih menjadi pilihan sebagian masyarakat, terutama bagi para kaum milenial yang baru mulai berkarier. Dana yang terbatas kerap menjadi alasan utamanya.

Lantas mana yang lebih menguntungkan, kredit mobil baru atau mobil bekas?

Perencanaan Keuangan dari OneShildt Financial Planning Budi Raharjo mengatakan, kredit mobil baru lebih banyak untungnya dibandingkan kredit mobil bekas.

Baca juga: Bersama PLN, Industri Kecil Menengah NTB Bikin Ratusan Kendaraan Listrik

“Bunga mobil baru pasti lebih rendah, belum lagi kita bisa mendapat diskon serta beragam penawaran menarik lainnya. Selain itu, konsumen juga dibebaskan dari biaya perawatan, karena biasanya masih gratis,” ujar Budi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/2/2021).

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua
Namun, mengincar mobil bekas juga tidak ada salahnya. Asalkan konsumen sudah mempersiapkan dana untuk perbaikan, biaya balik nama surat-surat kendaraan, dan biaya tak terduga lainnya.

Menurut Budi, idealnya kredit mobil bekas jangan yang usianya lebih dari dua tahun atau tiga tahun. Hal ini terakit alasan perawatan yang masih masuk dalam masa garansi.

Baca juga: Bahaya, Video Sekumpulan Bocah Hadang Truk Hingga Tabrak Rumah

“Tapi beli mobil bekas di atas usia 5 tahun juga tidak masalah, asalkan menyiapkan dana untuk perbaikan dan mendapat harga yang bagus,” ucap Budi.

Budi juga mengingatkan, jika pilihannya jatuh kepada mobil bekas, sebaiknya pilih kendaraan yang kira-kira minim biaya operasionalnya dan pentingkan pada fungsionalitas mobil.

“Leasing biasanya terima mobil bekas maksimal 10 tahun, itu pun hanya mobil-mobil tertentu, dan bunganya juga pasti lebih besar,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.