Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2021, 08:17 WIB
Azwar Ferdian

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonenesia, melalui Kementerian Perindustrian resmi merilis kebijakan mengenai insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen.

Kebijakan tersebut tercantum dalam Kepmenperin Nomor 169 Tahun 2021, tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah pada tahun anggaran 2021.

Namun, insentif tersebut tidak diberikan secara cuma-cuma. Ada syarat wajib bahwa kendaraan bermotor yang dapat menikmati insentif tersebut harus diproduksi di Indonesia, dan komponen-komponen lokal minimal 70 persen.

Baca juga: Resmi, Ini 21 Mobil yang Bisa Menikmati Insentif Pajak 0 Persen

Terdapat total 115 jenis komponen yang termasuk dalam perhitungan buatan lokal sesuai dengan regulasi yang dirilis.

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang telah dimodifikasi dengan body kit dari Albermo.http://www.caesar.ne.jp/ Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang telah dimodifikasi dengan body kit dari Albermo.

Dicantumkan pula 21 model mobil yang dapat memanfaatkan insentif PPnBM nol persen ini.

Sebanyak 21 model mobil tersebut berasal dari enam merek asal Jepang dan satu asal China, yaitu Daihatsu, Honda, Mitsubishi, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Baca juga: Raize dan Rocky Masuk Daftar Penerima Insentif Pajak 0 Persen

Nissan turut disebut, tetapi model Nissan Livina dicantumkan dalam jajaran model mobil Mitsubishi, karena insentif PPnBM ini dikenakan pada Harga Pokok Penjualan (HPP).

Selain syarat komponen lokal sebanyak 70 persen, insentif nol persen dapat turut dinikmati oleh mobil-mobil dengan kubikasi mesin maksimal 1500 cc, termasuk sedan dan kendaraan berpenggerak 4x2.

Daftar insentif PPnBM 0 persen dalam Kepmenperin No. 169 Tahun 2021. Daftar insentif PPnBM 0 persen dalam Kepmenperin No. 169 Tahun 2021.

Adanya insentif pajak mobil nol persen ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat menengah ke atas, mengembangkan industri otomotif, serta dapat memacu pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama 2021.

Berikut 21 mobil yang menerima insentif pajak 0 persen:

Daihatsu

Xenia
Luxio
Gran Max
Terios
Rocky

Honda

Brio RS
Mobilio
BR-V
HR-V

Mitsubishi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com