Ini Mobil Honda yang Dapat Diskon Pajak, Harga Diumumkan 1 Maret 2021

Kompas.com - 28/02/2021, 07:21 WIB
Honda Brio RS KOMPAS.com/GilangHonda Brio RS
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah akhirnya resmi mengumumkan petunjuk pelaksanaan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), pada Jumat (26/2/2021).

Insentif PPnBM sebesar 100 persen sudah bisa dinikmati mulai 1 Maret 2021 dan bakal berlaku selama tiga bulan. Konsumen yang ingin membeli mobil merek Honda, ada empat model yang menerima insentif ini.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian RI Nomor 169 Tahun 2021, produk Honda ini di antaranya Brio RS, Mobilio, BR-V, dan HR-V semua varian.

Baca juga: Kebiasaan Orang Indonesia, Ragu-Ragu di Jalan Tol

New Honda HR-V di GIIAS 2018STANLY RAVEL New Honda HR-V di GIIAS 2018

Keempat mobil ini bisa dikatakan memenuhi syarat penerima insentif PPnBM karena memiliki kandungan komponen lokal 70 persen.

Insentif ini juga hanya bisa dinikmati oleh mobil dengan kubikasi mesin 1.500 cc ke bawah, termasuk di dalamnya kategori sedan dan kendaraan berpenggerak 4x2.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun untuk Jazz meskipun memenuhi kriteria Kementerian Perindustrian, namun tampaknya kandungan lokal komponennya belum memenuhi syarat minimum 70 persen.

Baca juga: Klarifikasi Pindad soal Maung Versi Sipil yang Dibeli Bupati

Honda BR-V sanggup menaklukkan jalan mulus di tol hingga jalan agak kasar di medan offroad.kompas.com Honda BR-V sanggup menaklukkan jalan mulus di tol hingga jalan agak kasar di medan offroad.

“Iya Jazz belum masuk. Kalau HR-V maksudnya semua varian 1.5L, varian 1.8L tidak masuk karena syaratnya di bawah 1.500 cc,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, kepada Kompas.com (27/2/2021).

Kemudian, Brio Satya tidak dapat insentif karena sudah mendapat PPnBM 0 persen sejak awal. Sementara CR-V walaupun sudah diproduksi secara Completely Knocked Down (CKD), belum memenuhi kriteria Kementerian Perindustrian.

Sedangkan model-model seperti City, Civic (Hatchback RS, Turbo, dan Type R), Accord, dan Odyssey merupakan produk yang diimpur secara utuh dari luar negeri.

Baca juga: Ini Kebiasaan Buruk yang Merusak Transmisi Mobil Manual

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Meski sudah memastikan produk-produk yang mendapatkan diskon pajak, Billy mengatakan pihaknya belum memastikan harga jual mobil barunya.

“Peraturan detail pemerintah baru keluar Jumat malam. Harga baru akan kami informasikan ke jaringan distributor kami Senin depan,” tuturnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.