Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Mobil Daihatsu yang Menerima Insentif Pajak 0 Persen

Kompas.com - 27/02/2021, 14:59 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen sudah bisa dinikmati mulai 1 Maret 2021. Bagi yang ingin membeli mobil merek Daihatsu, ada lima model yang menerima insentif ini.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian RI Nomor 169 Tahun 2021, lima model Daihatsu ini diantaranya Xenia, Granmax Minibus, Luxio, Terios dan Rocky.

Kelima mobil ini bisa dikatakan memenuhi syarat penerima insentif PPnBM karena memiliki kandungan komponen lokal 70 persen. Insentif ini juga hanya bisa dinikmati oleh mobil dengan kubikasi mesin 1.500 cc ke bawah, termasuk di dalamnya kategori sedan dan kendaraan berpenggerak 4x2.

Baca juga: Aturan Batasan Mobil 10 Tahun Berimbas Langsung ke Pasar Mobil Bekas

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

Sedangkan untuk produk lainnya, misal seperti Sirion, Daihatsu masih mengimpornya secara utuh dari Malaysia. Kemudian untuk LCGC seperti Calya dan Sigra, lalu kendaraan niaga seperti GranMax pikap sudah menikmati PPnBM 0 persen.

Selain itu, yang menarik dari daftar mobil Daihatsu yang menerima insentif,nada mobil yang belum diluncurkan, yakni Daihatsu Rocky. Artinya SUV kembaran Toyota Raize ini segera meluncur dalam waktu dekat dengan memanfaatkan momentum relaksasi pajak yang diberikan pemerintah.

Baca juga: Kebiasaan Orang Indonesia, Ragu-Ragu di Jalan Tol

Saat mencoba menghubungi Daihatsu, hingga saat ini tidak ada respons yang diberikan. Namun sebelumnya Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra, hanya memberikan komentar standar, yakni tunggu pada waktunya.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com