Raize dan Rocky Masuk Daftar Penerima Insentif Pajak 0 Persen

Kompas.com - 27/02/2021, 10:31 WIB
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi model baru yang ramai diperbincangkan usai Tokyo Motor Show 2019. carspiritpk.comToyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi model baru yang ramai diperbincangkan usai Tokyo Motor Show 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) resmi merilis daftar mobil yang akan mendapat relaksasi pajak PPnBM nol persen pada Maret 2021 mendatang.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor Dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Ditanggung Oleh Pemerintah Pada Tahun Anggaran 2021.

Menariknya, dari 21 daftar mobil tersebut, ada nama Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang juga berhak mendapatkan insentif PPnBM nol persen.

Baca juga: Resmi, Ini 21 Mobil yang Bisa Menikmati Insentif Pajak 0 Persen

Artinya, kedua SUV kembar tersebut akan segera meluncur dalam waktu dekat dengan memanfaatkan momentum relaksasi pajak yang diberikan pemerintah.

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

Ketika mengkonfirmasi hal ini, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), tak menampik mengenai kabar Raize yang masuk dalam daftar mobil penerima insentif PPnBM.

"Iya betul ada Raize, tapi untuk detailnya seperti apa nanti ya," tulis Anton dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Sabtu (27/2/2021).

Sementar mengenai yang dimaksud dengan pemelian kandungan loka sebesar 70 persen pada Raize dan Rocky, Anton hanya menjelaskan bila hal tersebut baiknya langsung ditanyakan ke pihal pabrikan.

Baca juga: Daihatsu Mulai Ungkap Kecanggihan Fitur dan Mesin Rocky

Daftar insentif PPnBM 0 persen dalam Kepmenperin No. 169 Tahun 2021. Daftar insentif PPnBM 0 persen dalam Kepmenperin No. 169 Tahun 2021.

"Detail untuk itu bisa ke pabrikan, baik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) atau Astra Daihatsu Motor (ADM)," kata dia.

Sementara saat mencoba menghubungi Daihatsu, hingga saat ini tidak ada respons yang diberikan. Namun sebelumnya Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra, hanya memberikan komentar standar, yakni tunggu pada waktunya.

Baca juga: Daihatsu Mulai Ungkap Kecanggihan Fitur dan Mesin Rocky

Namun demikian, rumors kehadirannya memang sudah santer terdengar dengan beberapa indikasi.

Daihatsu Rocky saat meluncur di Tokyo Motor Show 2019KOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky saat meluncur di Tokyo Motor Show 2019

 

Mulai dari penampakannya yang dikabarkan sedang uji jalan, terdaftar di Permendagri Nomor 1 Tahun 2021, sampai pihak Daihatsu yang mulai merilis mengenai fitur-fitur canggih pada produknya, termasuk yang diadopsi Rocky. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X