Kompas.com - 27/02/2021, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus suites class merupakan konsep bus dengan susunan kursi single yang disusun menumpuk. Setiap penumpang serasa memiliki kabin pribadi yang mewah serta kursi yang bisa direbahkan sampai 150 derajat seperti di pesawat.

Belum lama ini tersebar foto yang memperlihatkan konsep bus mirip dengan suites class dari karoseri Tentrem yang dinamai Avante H9 Priority. Sesuai namanya, bus ini menggunakan basis Avante H9 yang tingginya 3,9 Meter atau biasa disebut bodi Super High Deck (SHD).

Bisa dikatakan basis bus yang digunakan Tentrem ini lebih tinggi daripada SR2 Suites Class buatan laksana yang basisnya memakai bus dengan tinggi 3,75 m atau High Deck (HD). Ada pertimbangan dari sisi karoseri mengapa memilih bodi HD dibanding SHD.

Baca juga: IIMS Virtual, Beli Kia Gratis Motor atau Diskon hingga Rp 68 Juta

Bocoran foto Avante H9 priorityInstagram/populace_republictransport_ltd Bocoran foto Avante H9 priority

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, pemilihan bodi HD ini karena menyesuaikan dari sasis yang dipasang ke bodi bus suites class.

“Secara chassis yang digunakan misalnya Hino RN dan Mercedes Benz OH 1626 memang untuk tipe HD,” ucap Werry kepada Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Selain itu, bodi bus HD juga memikirkan faktor keselamatan dari bus. Werry mengatakan, dengan membawa orang atau beban pada tingkat atas, berarti akan memberikan efek twist (putar) yang lebih besar terhadap bus daripada model bus biasa.

Baca juga: Ini Harga Tesla Model 3, Mobil Listrik yang Jadi Kendaraan Patroli Korlantas

“Semakin tinggi bus, maka center of gravity akan semakin tinggi juga. Akibatnya kemungkinan bus oleng atau tidak stabil semakin besar,” kata Werry.

Selain itu, dengan bodi HD saja, Laksana mengklaim kenyamanan penumpang masih terjaga dan gang way atau lorong juga masih lega. Oleh karena itu, memakai bodi SHD dibuat menjadi suites class masih belum diperlukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.