Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Bus Suites Class Tidak Pakai Bodi High Deck

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus suites class merupakan konsep bus dengan susunan kursi single yang disusun menumpuk. Setiap penumpang serasa memiliki kabin pribadi yang mewah serta kursi yang bisa direbahkan sampai 150 derajat seperti di pesawat.

Belum lama ini tersebar foto yang memperlihatkan konsep bus mirip dengan suites class dari karoseri Tentrem yang dinamai Avante H9 Priority. Sesuai namanya, bus ini menggunakan basis Avante H9 yang tingginya 3,9 Meter atau biasa disebut bodi Super High Deck (SHD).

Bisa dikatakan basis bus yang digunakan Tentrem ini lebih tinggi daripada SR2 Suites Class buatan laksana yang basisnya memakai bus dengan tinggi 3,75 m atau High Deck (HD). Ada pertimbangan dari sisi karoseri mengapa memilih bodi HD dibanding SHD.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, pemilihan bodi HD ini karena menyesuaikan dari sasis yang dipasang ke bodi bus suites class.

“Secara chassis yang digunakan misalnya Hino RN dan Mercedes Benz OH 1626 memang untuk tipe HD,” ucap Werry kepada Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Selain itu, bodi bus HD juga memikirkan faktor keselamatan dari bus. Werry mengatakan, dengan membawa orang atau beban pada tingkat atas, berarti akan memberikan efek twist (putar) yang lebih besar terhadap bus daripada model bus biasa.

“Semakin tinggi bus, maka center of gravity akan semakin tinggi juga. Akibatnya kemungkinan bus oleng atau tidak stabil semakin besar,” kata Werry.

Selain itu, dengan bodi HD saja, Laksana mengklaim kenyamanan penumpang masih terjaga dan gang way atau lorong juga masih lega. Oleh karena itu, memakai bodi SHD dibuat menjadi suites class masih belum diperlukan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/27/084200015/mengapa-bus-suites-class-tidak-pakai-bodi-high-deck

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke