Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Mobil Listrik yang Jadi Kendaraan Dinas di Indonesia

Kompas.com - 26/02/2021, 09:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini Prestige Motorcars bersama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) meminjamkan satu unit mobil listrik, Tesla Model 3 kepada Kepolisian RI.

Peminjaman kendaraan listrik ini bertujuan mendukung agenda pemerintah dalam mendorong era elektrifikasi kendaraan bermotor di Tanah Air sekaligus memperkenalkan kendaraan Tesla di jajaran Kepolisian RI.

Selain Tesla Model 3 yang menjadi kendaraan dinas kepolisian, sebenarnya ada dua kendaraan listrik yang sudah menjadi kendaraan dinas lebih dulu, yakni Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric Vehicle (EV).

Baca juga: Beberapa Sebab Kemungkinan Tesla Enggan Berinvestasi di Indonesia

Hyundai Ioniq Menteri PerhubunganKemenhub Hyundai Ioniq Menteri Perhubungan

Pertama ada Hyundai Ioniq, mobil listrik ini digunakan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Dari sisi spesifikasi, Hyundai Ioniq dilengkapi dengan motor listrik berdaya 100 kW, atau setara dengan 136 TK dan torsi 295 Nm. Tenaga motor listrik tersebut berasal dari batera lithium-ion polymer berkapasitas 38,3 kW.

Kemudian mobil listrik yang sudah digunakan untuk kendaraan dinas adalah Hyundai Kona EV. Mobil ini sudah digunakan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta menjadi Patwal Gubernur Jawa Barat.

Baca juga: Sopir Angkot Lawan Arah Tabrak Motor, Pilih Denda atau Dibui?

Mobil Patwal Jawa Barat Kona ElektrikDOK. PROSIGNAL INDONESIA Mobil Patwal Jawa Barat Kona Elektrik

Hyundai Kona EV memiliki spesifikasi secara dimensi, Kona Electric mempunyai ukuran panjang 4.180 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.555 mm. Selayaknya mobil crossover, mobil memiliki ground clearance sebesar 158 mm.

Bicara performa, mobil ini dibekali motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang disuplai oleh baterai lithium ion 39,2 kWh, dan mampu mengembuskan torsi 395 Nm yang didistribusikan ke roda depan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com