Vinales Ungkap Keinginan Pakai Motor Lama di MotoGP 2021

Kompas.com - 26/02/2021, 08:42 WIB
Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP) LLUIS GENEMaverick Vinales saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales menjadi salah satu pebalap Yamaha yang mendapatkan hasil kurang baik di MotoGP 2020. Dirinya hanya mampu meraih posisi keenam klasemen akhir dengan raihan 132 poin.

Dari empat pebalap Yamaha yang berlaga di musim lalu, Franco Morbidelli yang menggunakan mesin motor YZR-M1 2019 justru mendaptkan hasil yang gemilang. Franky julukan Morbidelli berhasil tampil sebagai runner-up di Kejuaraan Dunia MotoGP 2020.

Baca juga: Bo Bendsneyder Tak Sabar Ingin Balapan di Sirkuit Mandalika

Hasil tersebut memberikan spekulasi bahwa motor balap edisi 2019 justru lebih unggul ketimbang YZR-M1 versi 2020. Bahkan Fabio Quartararo pun sempat mengungkap keinginannya untuk menggunakan YZR-M1 2019 ketimbang versi terbarunya.

Namun, hal berbeda justru diungkap Vinales. Pebalap berusia 26 tahun itu lebih senang jika menggunakan YZR-M1 2016. Pasalnya, ia berhasil memenangkan dua seri perdana MotoGP 2017 dengan menunggangi motor tersebut.

Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Teruel. AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Teruel.

“Saya ingin Yamaha memberi saya YZR-M1 2016. Bagi saya itu adalah motor terbaik yang pernah saya kemudikan. Kesalahan bagi kami adalah mengganti motor itu dengan M1 2017,” ucap Vinales dikutip dari Tutto Motori Web, Kamis (25/2/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Peluang Dimas Ekky Jadi Wild Card di Moto2

“Saya tidak tahu apa yang diminta Fabio, tapi motor 2019 tidak cukup bagus untuk mengalahkan Marquez. Motor tahun ini lebih baik jika memiliki cengkeraman. Jika tidak ada cengkeraman, kami sangat menderita,” lanjutnya.

Kendati demikian, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo diyakini Yamaha bisa mengembangkan YZR-M1 jadi lebih baik. Keduanya dinilai cukup sensitif sebagai pebalap sehingga diharapkan bisa menggali potensi YZR-M1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.