Aplikasi Bayar Pajak Online, Bukti Pembayaran Bisa Dikirim ke Rumah

Kompas.com - 24/02/2021, 19:01 WIB
seorang wajib pajak menunggu berkas di depan loket fiskal di kantor Samsat Kota Solo ari purnomoseorang wajib pajak menunggu berkas di depan loket fiskal di kantor Samsat Kota Solo
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyikapi masih maraknya penyebaran Covid-19, pemilik kendaraan diimbau untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan dalam segala kegiatan. Termasuk dalam memperpanjang dan membayar pajak kendaraan bermotor.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya pun telah menyiapkan sistem pembayaran daring melalui aplikasi Si ONDEL atau aplikasi Samsat Online.

Kasi STNK Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Ardila Amry, mengatakan, layanan ini dapat mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Baca juga: Naik Bus Tingkat, Lebih Nyaman di Bawah atau Atas?

kantor Samsat Solo memberikan jarak tempat duduk bagi para pemilik kendaraan yang akan membayar pajakistimewa kantor Samsat Solo memberikan jarak tempat duduk bagi para pemilik kendaraan yang akan membayar pajak

Bukan hanya sekadar membayar, nantinya bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa dikirimkan ke alamat pemilik kendaraan.

"Ini adalah layanan samsat berbasis online yang digagas oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya,” ujar Amry, dalam webinar (24/2/2021).

“Terutama untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor dan melakukan pengesahan STNK secara modern. Serta yang paling utama adalah mendukung pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19," katanya.

Baca juga: Nissan Livina Nihil Penjualan 4 Bulan Beruntun

Ditlantas Polda Metro Jaya meluncurkan aplikasi Samsat Online Delivery (Si Ondel) bertepatan dengan perayaan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65 pada Selasa (22/9/2020). Aplikasi tersebut bertujuan melayani masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan secara online guna mencegah penularan Covid-19.Tangkapan gambar dokumentasi pdf Ditlantas Polda Metro Jaya Ditlantas Polda Metro Jaya meluncurkan aplikasi Samsat Online Delivery (Si Ondel) bertepatan dengan perayaan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65 pada Selasa (22/9/2020). Aplikasi tersebut bertujuan melayani masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan secara online guna mencegah penularan Covid-19.

Amry mengatakan, salah satu perbedaan dari aplikasi Si ONDEL adalah kemampuan untuk mengirimkan bukti pembayaran pajak langsung ke rumah wajib pajak.

Adapun secara sistem sebetulnya masih sama dengan teknologi Electronic Registration and Identification (ERI), namun dengan beberapa pembaruan.

"Pada saat wajib pajak ingin diantarkan, maka wajib mengunduh aplikasi yang ada pada Playstore maupun Appstore, dan juga untuk biaya dibebankan langsung kepada wajib pajak tersebut," ucap Amry.

Baca juga: Nissan Terra Tutup Usia di Indonesia

Sejumlah warga membayar pajak di Samsat Keliling Ditlantas Polda Jatimditlantas polda jatim Sejumlah warga membayar pajak di Samsat Keliling Ditlantas Polda Jatim

Ia menambahkan, aplikasi ini akan sangat berguna pada masa pandemi. Sebab bisa mengurangi interaksi dengan banyak orang di loket-loket Samsat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X