Lihat Lebih Dekat Dua Produk Baru Hino untuk Ambulans dan Mobile PCR

Kompas.com - 18/02/2021, 19:11 WIB
Ambulans dari Hino untuk PMI DOK. PT HMSIAmbulans dari Hino untuk PMI

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada gelaran Hino Product Showcase di Hino Total Support Centre yang berlokasi di Jatake, Tangerang, ada dua kendaraan baru yang dirilis oleh PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), yakni microbus dengan bodi serba guna.

Dua unit yang dipamerkan Hino untuk microbus ini difungsikan sebagai ambulans dan kendaraan mobile PCR. Kedua microbus ini merupakan hasil garapan karoseri Gunung Mas di Madiun, Jawa Timur.

Untuk model ambulans, menggunakan sasis dengan jarak antar sumbu 2,53 m dan panjang keseluruhan 5,075 m.

Untuk ambulans sendiri, dengan bodi yang panjang sudah sangat cukup. Tersedia ruang kabin yang luas untuk tempat tidur pasien dan tempat duduk perawat.

Baca juga: Dikuasai Sigra, Pasar Mobil Murah Anjlok 75 Persen Awal 2021

Mobile PCR dari HinoKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Mobile PCR dari Hino

Kemudian untuk kendaraan mobile PCR, menggunakan sasis dengan wheelbase yang lebih panjang yakni 3,405 m. Dengan sasis yang panjang tadi, bodi yang dipasang ke sasis juga lebih panjang, 6,43 m.

Untuk kendaraan mobile PCR ini khusus bagian belakangnya dibuat untuk mengambil sampel PCR dan tempat sistem kelistrikan, baik dari PLN atau genset.

Jadi ada bagian seperti sarung tangan karet yang digunakan oleh tenaga kesehatan untuk mengambil sampel.

Baca juga: Cara Unik Demo di Myanmar dengan Pura-pura Mobil Mogok di Tengah Jalan

Mobile PCR dari HinoKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Mobile PCR dari Hino

Kemudian sampel tersebut diteruskan ke dalam mobil untuk dilakukan analisa. Kabin Mobile PCR ini juga terbilang lapang, bisa diisi oleh tiga orang. Kemudian ada ruang terpisah yang memiliki pendingin udara portabel serta TV LED.

Kedua microbus ini menggunakan mesin yang sama, 4.000cc dengan tenaga 108 TK dan torsi 284 Nm di rpm 1.800. Selain itu, Hino menyematkan suspensi khusus bus, floating body mounting dan stabilizer depan sehingga nyaman dan stabil.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X