Catat, Begini Toleransi Ganti Ukuran Ban Motor untuk Harian

Kompas.com - 15/02/2021, 12:53 WIB
Produk ban IRC yang dipajang pada Jakarta Fair 2015 Produk ban IRC yang dipajang pada Jakarta Fair 2015

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi yang paling lazim untuk dilakukan pemilik sepeda motor adalah dengan mengganti ban. Ketika ingin mengganti ban, pemilik memiliki pilihan ingin ganti dengan ukuran yang lebih besar, kecil, atau sama dengan standar.

Namun, jika motor tetap ingin dipakai untuk harian, memilih ukuran ban tidak bisa sembarangan. Ketika mau dipakai harian, pemilihan ukuran ban harus tetap memikirkan faktor keselamatan saat digunakan.

Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk. produsen ban IRC Dodiyanto mengatakan, ada batas wajar mengganti ukuran ban motor jika mau mengganti dengan yang lebih lebar, yaitu naik satu tingkat.

Baca juga: Alasan KTP Menjadi Syarat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Ban Motor bagian depanIstimewa Ban Motor bagian depan

“Misalnya pada bagian depan dari 110/70-17 ganti ke ukuran 120/70-17, begitu juga pada bagian belakang,” kata Dodiyanto saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu diketahui, ketika mengganti ukuran ban dengan lebih besar, akan memengaruhi akselerasi, kelincahan, bahkan sampai konsumsi bahan bakar. Selain itu, jika naik lebih dari satu tingkat, perlu dilakukan beberapa penyesuaian.

“Harus cek mentok atau enggak ban dengan suspensi, rumah rem depan dan lain-lain. Pada bagian belakang, riskan mentok dengan suspensi, lengan ayun, dan bodi motor,” ucap Dodiyanto.

Baca juga: Ragam Fitur Terios, Ada Fitur Unik buat Pengemudi yang Pelupa

Namun, jika ingin mengganti dengan ukuran yang lebih kecil, sebenarnya sangat tidak disarankan, minimal ukurannya sama dengan bawaannya. Karena jika mengganti dengan ukuran yang lebih kecil, risiko bahayanya akan lebih besar.

“Kalau ganti ukuran yang lebih kecil, akan memengaruhi keselamatan dan kenyamanan pada saat menikung, mengerem, dan saat hujan pembuangan air tidak maksimal,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X