Bus Bagong Punya Kendaraan Baru Pakai Bodi Evonext GT dari New Armada

Kompas.com - 15/02/2021, 08:42 WIB
Bus AKDP PO Bagong INSTAGRAM/BAGONGBISBus AKDP PO Bagong

JAKARTA, KOMPAS.com – PO Bagong yang memiliki trayek Antar Kota Dalam Provinsi ( AKDP) sekitar Jawa Timur belum lama ini mengunggah bus barunya. Bus yang digunakan model big bus dengan bodi Evonext GT buatan Karoseri New Armada.

Namun, bodi Evonext GT ini bukan lah bodi keluaran terbaru. Menurut kabar, PO Bagong membeli unit bus ini bekas dari sebuah PO pariwisata, kemudian dicat ulang dengan warna putih serta livery khas PO Bagong.

Development Design karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, bodi Evonext GT dirilis pada tahun 2013. Bodi ini juga menjadi terobosan karoseri New Armada melawan desain bodi bus mainstream yang ada di Indonesia.

Baca juga: Avanza Bawa Sekeluarga Tersesat di Hutan, Begini Tips Baca Peta Digital

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by New Armada (@newarmada.official)

 

“Sebenarnya Evonext termasuk model breakthrough-nya New Armada sampai model Evolander di tahun 2016 dengan model double glass bergaya eropa,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Minggu (14/2/2021).

Soal desain, Evonext GT memiliki kaca depan yang sedikit lebih landai daripada model Evonext. Deddy mengatakan, kaca depan Evonext GT memang berbeda, lebih tinggi sekitar 1.800 mm. Model ini juga menggunakan bodi tipe High Deck (HD).

Ciri khas dari Evonest GT adalah dari selendangnya yang hanya berupa tempelan di kaca. Selain itu, di bagian atas roda depan ada bagian yang dicat berwarna hitam. Hal ini membuat kaca samping jadi terlihat lebar.

Baca juga: Waspada Padat, Arus Balik Libur Imlek Ada Contraflow di Tol Cipali

Namun untuk bus milik PO Bagong ini melakukan beberapa ubahan di bagian selendangnya. Jika seharusnya berwarna silver, PO Bagong mengecatnya hitam, jadi terlihat menyatu dengan kaca samping.

Begitu juga untuk bagian yang biasanya dicat hitam di atas roda depan. Bagian hitamnya hanya sedikit dan tidak tersambung dengan selendang dan ada tulisan Bagong di bagian lambung bus.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X