Libur Panjang Imlek, 593.000 Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek

Kompas.com - 12/02/2021, 10:42 WIB
ilustrasi lalu lintas Libur Tahun Baru 2021 Jasa marga ilustrasi lalu lintas Libur Tahun Baru 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memprediksi jumlah kendaraan yang keluar dari Jabotabek pada periode libur Tahun Baru Imlek 2572 akan melonjak dratis. Hal tersebut lantaran bertepatan dengan long weekend, (11-14/2/2021).

Atika Dara Prahita, Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga mengatakan, puncak arus lalu lintas keluar Jabotabek pada libur Tahun Baru Imlek diprediksi terjadi pada Jumat (12/2/2021).

Sedangkan untuk, puncak arus balik bagi kendaraan menuju Jabotabek sendiri, diperkirakan pada Minggu (14/2/2021).

Baca juga: Ganjil Genap di Bogor Diperketat Selama Libur Imlek

"Diprediksi jumlah yang keluar dari wilayah Jabotabek mencapai 593.000 ribu kendaraan, jumlah ini 5,6 persen lebih tinggi dibandingkan arus lalu lintas normal pada 2020," ucap Atika dalam keterangan resminya, Kamis (11/2/2021).

"Pada puncak arus lalu lintas keluar Jabotabek (12/2/2021) diprediksi sebanyak 167.000 ribu kendaraan akan melintasi empat Gerbang Tol (GT) utama, yakni GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur)," kata dia.

Sejumlah kendaraan melaju di tol Jakarta - Cikampek menuju Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat kenaikan volume arus kendaraan keluar dari Jakarta melalui Pintu Tol Cikampek Utama sebanyak 7.044 kendaraan atau 27 persen jelang pemberlakuan kebijakan larangan mudik mulai Jumat 24 April pukul 00.01 WIB.ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZAR Sejumlah kendaraan melaju di tol Jakarta - Cikampek menuju Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat kenaikan volume arus kendaraan keluar dari Jakarta melalui Pintu Tol Cikampek Utama sebanyak 7.044 kendaraan atau 27 persen jelang pemberlakuan kebijakan larangan mudik mulai Jumat 24 April pukul 00.01 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Atika, perkiraan  volume kendaraan kembali ke Jabotabek usai libur Tahun Baru Imlek akan mencapai 560.000 unit. Jumlahnya lebih tinggi 4,2 persen dibandingkan lalu lintas normal 2020.

Sedangkan pada puncak arus lalu lintas kembali ke Jabotabek yang pada Minggu (14/2/2021), diprediksi sebanyak 179.000 kendaraan akan melintasi empat GT utama.

Untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi saat periode libur Tahun Baru Imlek, Jasa Marga telah menyiapkan langkah antisipasi bagi layanan transaksi, layanan lalu lintas, layanan konstruksi, dan layanan rest area.

Baca juga: Pemudik di Libur Imlek Diimbau untuk Lakukan Swab Antigen

Arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek kilometer 57 pada 24 Desember 2020.KOMPAS.COM/FARIDA Arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek kilometer 57 pada 24 Desember 2020.

Untuk antisipasi kepadatan lalu lintas di gerbang tol utama, Jasa Marga telah menyiapkan mobile reader, keberfungsian peralatan tol, kelengkapan operasional di setiap GT, penyiagaan sarana prasarana, penempatan personel untuk rekayasa lalu lintas pada titik rawan kepadatan, dan sarana untuk antisipasi keadaan darurat apabila terjadi genangan air.

Meski diprediksi akan banyak kendaraan keluar kota meninggalkan Jabotabek, namun Jasa marga mengimbau pengguna jalan untuk membatasi mobilisasi atau tetap berada di rumah. Hal tersebut penting dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, kalaupun harus melakukan berpergian menggunakan kendaraan, protokol kesehatan harus tetap dijalankan. Mulai dengan mengenakan masker, jaga jarak, serta mencuci tangan.

Baca juga: Musim Hujan Banyak Jalan Berlubang, Waspada Ambles Tiba-tiba

Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021JASA MARGA Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021

"Kami pun mengimbau agar pengguna jalan mengatur waktu perjalanan dengan baik. Hindari waktu-waktu favorit yang diprediksi menjadi puncak arus lalu lintas, baik keluar meninggalkan Jakarta dan maupun saat kembali ke Jakarta nantinya," ujar Heru.

Heru juga mengingatkan, khusus pada layanan di tempat istirahat,  Jasa Marga mengoptimalkan layanan di berbagai fasilitas yang tersedia dengan penerapan physical distancing melalui pembatasan pengunjung dan kapasitas parkir maksimum 50 persen, sebagai pencegahan penyebaran Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.