Pemudik di Libur Imlek Diimbau untuk Lakukan Swab Antigen

Kompas.com - 11/02/2021, 07:12 WIB
Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest area Jasa MargaParkiran mobil terapkan physical distancing di rest area

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo memastikan tidak ada penindakan hukum bersifat material kepada pelanggar aturan protokol kesehatan selama periode libur pekan dan Tahun Baru China.

Namun, diimbau untuk seluruh penumpang transportasi dan pengemudi melakukan swab antigen guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19.

"Tindakan yang kita lakukan masih bersifat imbauan. Diinformasikan mengenai pentingnya memperhatikan kesehatan melalui penerapan Prokes. Kita sarankan juga melakukan swab antigen," paparnya kepada Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Puncak Kepadatan Lalin Jelang Libur Imlek Diprediksi Besok Sore

Arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek kilometer 57 pada 24 Desember 2020.KOMPAS.COM/FARIDA Arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek kilometer 57 pada 24 Desember 2020.

Sambodo pun menyebut hingga saat ini belum akan memberlakukan hukuman berupa putar balik bagi pemudik yang tidak bawa surat swab antigen seperti diterapkan beberapa wilayah tertentu.

"Gantinya, mulai besok kita siapkan swab tes antigen drive thru di rest area KM 19 ruas tol Jakarta-Cikampek. Pelayanan beroperasi pada Kamis-Minggu pekan ini saja," katanya.

Tidak ada batas kuota dalam layanan tersebut. Hanya saja, waktu layanan baru dibuka pada pukul 13.00 WIB. Kemudian, petugas bakal istirahat di pukul 15.00 WIB selama satu jam sampai beroperasi kembali.

Baca juga: Sayonara, Isuzu Panther Resmi Pensiun

Warga menjalani tes usap atau swab test di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (2/11/2020). Sebagai bentuk gotong-royong dan solidaritas untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia, Tanoto Foundation dan Temasek Foundation International melakukan donasi bersama dengan memberikan bantuan kepada Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) berupa instrumen PCR, reagent kit dan bahan habis pakai untuk pemeriksaan PCR.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Warga menjalani tes usap atau swab test di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (2/11/2020). Sebagai bentuk gotong-royong dan solidaritas untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia, Tanoto Foundation dan Temasek Foundation International melakukan donasi bersama dengan memberikan bantuan kepada Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) berupa instrumen PCR, reagent kit dan bahan habis pakai untuk pemeriksaan PCR.

Layanan dihentikan saat memasuki zona waktu malam hari, yaitu pukul 18.00 WIB.

"Alasan kami buka dari siang karena puncak arus lalu lintas akan terjadi pada Kamis (11/2/2021) sore," ucap Sambodo.

"Meski kita buka layanan pengawasan dan pencegahan, sebaiknya warga tetap di rumah dan menerapkan 5M," ujar dia.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X