Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Kepadatan Lalin Jelang Libur Imlek Diprediksi Besok Sore

Kompas.com - 10/02/2021, 12:43 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri memprediksi arus kepadatan kendaraan bermotor pada periode libur akhir pekan dan Tahun Baru China terjadi pada Kamis, 11 Februari 2021 besok.

Hal ini diperoleh berdasarkan antrean tiket kendaraan umum seperti bus dan kereta api, serta durasi libur yang tak terlalu panjang. Adapun tujuan perjalanan didominasi ke Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Kemungkinan besar, akan terjadi kepadatan yang menuju arah Timur atau sekitar Solo dan Yogya," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istonono saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Saat Libur Imlek, Korlantas Gelar Swab Antigen Acak di Rest Area Tol

Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/1/2021). Arus balik libur Natal dan Tahun Baru di Tol Jakarta-Cikampek I dan II terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/1/2021). Arus balik libur Natal dan Tahun Baru di Tol Jakarta-Cikampek I dan II terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.

Pernyataan senada dipaparkan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di kesempatan terpisah. Sedangkan arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu, 14 Februari 2020 sore.

Kendati demikian, pihaknya telah mempersiapkan berbagai langkah pengamanan agar perjalanan tetap nyaman.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Propeller Shaft pada Transmisi Mobil

"Mayoritas itu arah Jawa Tengah dengan tujuan kampung halaman dan wisata. Kami sudah siapkan beberapa pos pengamanan di tol dan tempat wisata dengan total personel 300 orang," kata dia.

"Iya, termasuk random check bagi pengguna kendaraan umum atau pribadi. Jadi, kami imbau agar selalu patuhi protokol kesehatan serta hindari waktu kepadatan kendaraan," kata Sambodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com