Pengendara Motor Kaget Ada Lubang Baru di Jalan, Jangan Rem Mendadak

Kompas.com - 11/02/2021, 09:02 WIB
Driver gojek saat memberi tanda jalan berlubang di Jember agar pengendara terhindar dari kecelakaan Kompas.com/istimewaDriver gojek saat memberi tanda jalan berlubang di Jember agar pengendara terhindar dari kecelakaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Guyuran hujan apalagi jika menggenang bisa membuat permukaan jalan terkelupas. Tak heran di musim penghujan biasanya muncul lubang baru di jalan raya.

Kondisi ini berbahaya buat pengendara motor. Sebab jika tidak hati-hati pemotor bisa kehilangan kestabilan dan terjatuh.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, mengatakan, jika ada lubang di jalan dan tidak mampu menghindar maka jangan mengerem mendadak.

Baca juga: Motor Lewati Jalan Licin, Perlukah Kurangi Tekanan Udara Ban?

"Apabila tiba-tiba melihat lubang yang ada di depan kita maka sebaiknya jangan mengerem mendadak karena selain membahayakan diri kita juga membahayakan kendaraan lain," kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Pengendara melintasi jalan berlubang di Grand Depok City (GDC) Grand Depok City, Depok, Jawa Barat, Rabu, (11/12/2019). Beberapa jalan sepanjang GDC masih berlubang dan bergelombang.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Pengendara melintasi jalan berlubang di Grand Depok City (GDC) Grand Depok City, Depok, Jawa Barat, Rabu, (11/12/2019). Beberapa jalan sepanjang GDC masih berlubang dan bergelombang.

Alasannya kata Agus, mengerem mendadak bisa membuat terjadinya tabrak belakang karena pengendara di belakang tidak siap.

Maka yang perlu dilakukan ialah terabas saja lubangnya sambil menurunkan kecepatan. Jangan mengerem keras atau melakukan manuver pindah jalur yang mengagetkan pengendara lain.

"Jadi antisipasinya adalah dengan menutup gas lalu sedikit gunakan rem belakang dan terabas lubang tersebut dengan posisi pinggul kita agak sedikit berdiri seperti offroad," katanya.

"Agar kondisi badan tetap stabil, dan pergelangan tangan harus kuat dalam memegang setang motor," kata Agus.

Baca juga: Dyandra Gelar IIMS Virtual Dua Fase, Puncaknya IIMS Hybrid

Aparat kepolisian di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menutup jalan berlubang yang mengakibatkan seorang pengendara wanita tewas. Sabtu, (1/2/2020).KOMPAS.COM/ABDUL HAQ YAHYA MAULANA T. Aparat kepolisian di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menutup jalan berlubang yang mengakibatkan seorang pengendara wanita tewas. Sabtu, (1/2/2020).

Tapi lebih dari itu kata Agus, hal pertama yang mesti dijaga ialah pandangan. Terutama saat sedang berkendara.

"Ketika berkendara yang paling penting adalah tujuh postur dalam berkendara aman, salah satunya pandangan mata, jika pandangan mata kita dapat melihat jauh ke depan maka otomatis setiap potensi bahaya yang ada di depan kita dapat kita antisipasi dengan baik," katanya.

"Pandangan mata saat berkendara harus selalu melihat ke depan agar kita dapat mengantisipasi dan lebih siap apabila ada jalan yang dianggap berbahaya," kata Agus.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X