Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cocok untuk Pemula, Toyota Starlet Dibanderol Mulai Rp 45 Jutaan

Kompas.com - 08/02/2021, 11:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini pilihan mobil bekas dengan banderol Rp 50 jutaan semakin banyak, mulai jenis sedan, hatchback, bahkan kendaraan keluarga 7-penumpang alias low multi purpose vehicle (LMPV).

Tetapi untuk mencari mobil bekas yang masih dalam kondisi prima tetap jadi tantangan tersendiri. Apalagi bila belum memiliki pengetahuan lebih mengenai konfigurasi dan spesifikasi di mobil.

Bagi pemula atau kawula muda, mungkin Toyota Starlet bisa jadi pilihan baik. Sebab selain kompak dan sederhana, ragam sparepart dari mobil terkait masih sangat banyak tersedia.

Baca juga: Jangan Nekat atau Sembarangan Terjang Banjir, Banyak Risikonya

Ilustrasi Toyota Starlet KotakGridOto.com Ilustrasi Toyota Starlet Kotak

"Starlet bisa dipilih untuk jadi mobil pertama anak muda karena karakteristik dan desain mobil masih relevan, perawatannya juga mudah. Kini, kisarannya di Rp 45 jutaan," kata pemilik Alpro Garage, Rachmadi Ahmad kepada Kompas.com, Minggu (7/2/2021).

Kemudian, para pengguna atau komunitas model ini juga cukup ramai sehingga memudahkan pemilik untuk mencari informasi seperti bengkel, modifikasi, dan sebagainya.

Pada pasar mobil bekas daring, harga dari Starlet cukup beragam yakni Rp 45 jutaan sampai Rp 70 jutaan tergantung kondisi dan kelengkapan dokumen. Tentu, harga juga berpengaruh pada varian mobil dimana yang kotak lebih mahal.

Baca juga: Bocor Foto Wuling Almaz RS, Siap Meluncur dalam Waktu Dekat?

"Paling permasalahan mobil ini ada pada kaki-kaki, karet yang getas, serta cat dasarnya. Tapi, kaki-kaki tidak serapuh Honda Nouva sehingga masih bagus untuk digunakan harian," papar Rachmadi.

Starlet sendiri merupakan mobil kecil yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation pada 1973-1999 sebelum digantikan oleh Toyota Yaris.

Baca juga: Lapor Bila Kendaraan Sudah Dijual, Agar Terhindar ETLE Salah Sasaran

Toyota Starlet di Market Place Toyota Starlet di Market Place

Pada perjalannya, produk yang dikenal sebagai mobil entry level atau pertama bagi sebagian orang ini sempat menjadi penggebrak pasar di Jepang, Indonesia, serta Amerika Tengah.

Di Indonesia, Starlet memang mendapat tempat yang spesial bagi masyarakat Indonesia. Sejak generasi awal, Starko cukup mendominasi di antara hatchback Daihatsu Charade, Suzuki Forsa, dan Honda Civic Wonder.

Kemudian Starlet Kapsul juga laris manis karena memiliki desain fascia yang mirip dengan Toyota Great Corolla, yang menjadi salah satu sedan terlaris pada masanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com