Kompas.com - 06/02/2021, 07:22 WIB
Honda All New PCX alias PCX 160 Dok. AHMHonda All New PCX alias PCX 160

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi terbaru dari Honda All New PCX alias PCX 160 banyak mengalami perubahan dari generasi sebelumnya. Bukan hanya tampilan luarnya saja, tapi juga bagian rangkanya.

Jumpei Omori, Large Project Leader Honda Motor Co. Ltd., mengatakan, skutik ini dilengkapi denga rangka baru, dirancang untuk mencapai paket bodi yang gesit dan stabil pada semua rentang kecepatan. Selain itu, juga semakin dikembangkan untuk penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Ini Perbedaan Mesin Honda PCX 160 dengan PCX 150

"Dengan tetap menjaga lebar bodi cover sama dengan PCX yang dirilis tahun 2018, konstruksi rangkanya telah disederhanakan dan tipe engine mounting juga telah diubah," ujar Omori, dalam presentasinya saat peluncuran, Jumat (5/2/2021).

Honda All New PCX alias PCX 160Dok. AHM Honda All New PCX alias PCX 160

Hasilnya, Omori menambahkan, kapasitas tangki bahan bakar lebih besar menjadi 8,1 L dan kapasitas bagasi diperbesar dari 28 L menjadi 30 L. Ruang pijakan kaki juga diperlebar hingga 30 mm, memaksimalkan kenyamanan berkendara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PCX 160 kali ini menggunakan rangka baru model double cradle. Strukturnya berbeda jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Honda All New PCX alias PCX 160Dok. AHM Honda All New PCX alias PCX 160

"Rangka yang benar-benar baru dirancang, bertujuan untuk mendapatkan keseimbangan optimal antara pengurangan bobot dan rigid," kata Omori.

Baca juga: Simak Fitur Honda PCX 160 yang Tak Ada di PCX 150

Omori mengatakan, dengan mengoptimalkan diameter pipa, ketebalan dinding, dan material yang menyusun setiap bagian dan dengan analisis CAE, dan posisi sambungannya, sehingga hanya body rangka bobotnya telah berkurang 760 gram. Selain itu, handling dan kemampuan manuvernya juga jadi lebih ringan.

"Untuk suspensi belakang, sudut pemasangan antara link engine dan suspensi dioptimalkan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Selain itu, bagian axle stroke juga telah ditingkatkan 10 mm menjadi 95 mm dibandingkan model sebelumnya," ujar Omori.

Honda All New PCX alias PCX 160Dok. AHM Honda All New PCX alias PCX 160

Menurutnya, ubahan tersebut akan memungkinkan untuk menyerap dorongan dari permukaan jalan yang tidak rata dengan stroke yang mulus dan bersinergi dengan sifat shock absorbing pada ban belakang dengan peningkatan volume udaranya.

Roda depan dan belakang sudah didesain ulang. Lebar ban telah diperbesar satu ukuran dari model sebelumnya. Ban depan memiliki rasio kerataan 70 dari 80 dan ukuran ban belakang diubah menjadi 13 inci dari 14 inci.

Honda All New PCX alias PCX 160Dok. AHM Honda All New PCX alias PCX 160

"Lebar tapak yang lebih besar dan volume udara yang melimpah berkontribusi pada performa handling yang linier dan pengendaraan yang nyaman," kata Omori.

Kenyamanan berkendara juga ditingkatkan pada bagian setang. Dudukan setang dengan struktur rubber mounting yang baru juga telah diadopsikan.

Honda All New PCX alias PCX 160Dok. AHM Honda All New PCX alias PCX 160

"Kombinasi antara ukuran karet dan kekerasannya yang telah dioptimalkan serta sistem suspensi mesin dapat mengurangi getaran yang ditransmisikan dari kendaraan ke tangan pengendara," ujar Omori.

PCX 160 dibanderol Rp 30.350.000 (OTR Jakarta) untuk tipe CBS, Rp 33.950.000 (OTR Jakarta) untuk tipe ABS, dan Rp 43.550.000 (OTR Jakarta) untuk tipe e:HEV.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X