Kompas.com - 05/02/2021, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi kecelakaan tunggal truk pengangkut motor yang menabrak jembatan lalu tersangkut di jurang. Kejadian ini terjadi di Desa Sumberanyar Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (29/1/2021).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Menurut keterangan kepolisian, sopir truk mengalami kantuk sehingga tidak bisa mengendalikan truknya dan menabrak jembatan lalu tersangkut di jurang.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, salah satu yang bisa jadi penyebab dari rasa kantuk pada pengemudi truk adalah fatigue atau keletihan.

Baca juga: Kejar Standar Emisi Euro 4, BBM Ini Harus Dihapus

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

 

“Apalagi melihat kejadiannya pagi hari, bisa disebabkan masalah keletihan karena mengemudi semalaman,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Kamis (4/2/2021).

Jusri menjelaskan, ketika melakukan perjalanan jauh di malam hari, jam paling rawan dengan rasa kantuk paling parah ada setelah jam 10 malam dan jam setengah enam sampai tujuh pagi.

“Tentunya hal ini sangat berbahaya, mengingat jam setengah enam sampai tujuh pagi itu waktunya orang-orang mulai beraktivitas,” kata Jusri.

Baca juga: Dovizioso Siap Gantikan Marquez, tetapi Minta Satu Syarat

Kemudian, Jusri juga menjelaskan, jika memang ingin melakukan perjalanan jauh di malam hari, setidaknya pengemudi harus tidur tujuh sampai delapan jam sebelum berangkat. Lalu ingat juga waktu maksimal mengemudi dalam sehari.

“Waktu maksimal mengemudi adalah 10 jam dalam sehari. Ketika mengemudi 10 jam, harus diselingi dengan istirahat setiap dua jam. Jika sudah melebihi 10 jam, lakukan tidur minimal enam jam, baru boleh kembali lanjutkan perjalanan,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.