Pentingnya Mobil Servis Berkala Satu Bulan atau 1.000 Km Pertama

Kompas.com - 02/02/2021, 18:11 WIB
Bengkel resmi Auto2000 Foto: IstimewaBengkel resmi Auto2000
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap kendaraan bermotor penting untuk melakukan perawatan berkala supaya terhindar dari potensi kerusakan yang bisa merugikan di kemudian hari.

Sebab, seiring pemakaian beberapa komponen pada mobil tentu ada yang aus atau kotor. Bahkan, tak sedikit di antaranya tidak bisa berkerja optimal lagi.

"Terkhusus, saat 1.000 kilometer pertama untuk memastikan bagian-bagian mobil berfungsi optimal setelah digunakan dalam waktu satu bulan dari penyerahan," kata Nur Imansyah Tara, Aftesales Division Head Auto2000 dalam tertulis, Selasa (2/2/2021).

Baca juga: Peta Jalan Pengembangan Baterai EV di Indonesia sampai 2027

Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000

"Servis berkala awal tersebut juga merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi," lanjutnya.

Tara menjelaskan, servis berkala merupakan deteksi dini kondisi mobil, sehingga bila ada kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar ke komponen lainnya.

Adapun pada pemeriksaan servis berkala 1.000 km pertama, seluruh komponen bergerak di mobil bakal di cek, meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi seperti sistem kemudi, keamanan, fungsi kelistrikan, AC, seatbelt, sampai head unit.

Setelah itu, pada bagian eksterior pemeriksaan meliputi bodi pinti dan fungsi penunjang seperti lampu dan wiper.

Sementara untuk bagian mesin, bengkel resmi bakal mengecek kualitas oli mesin, kondisi fan belt, volume air radiator, minyak rem, serta cairan lainnya dan sasis kendaraan.

Baca juga: Darurat BBM Nyaris Habis, Tak Perlu Matikan AC Cukup Lakukan Ini

Ilustrasi servis mobil di Bengkel CarfixIstimewa Ilustrasi servis mobil di Bengkel Carfix

"Manfaat pengecekan ini sangat terasa, apalagi sedang musim hujan dengan cuaca yang tidak menentu sehingga mobil selalu dalam kondisi prima dan mengurangi kekhawatiran timbul masalah teknis," ucap Tara.

Jika terjadi kerusakan, petugas akan segera melakukan pergantian spare parts secara gratis.

"Segera lakukan booking servis berkala melalui Auto2000 Digiroom atau chatbot Tasia,” tutup Tara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X