Tanpa SIM, Belum Layak Mengemudikan Kendaraan di Jalan Raya!

Kompas.com - 30/01/2021, 08:22 WIB
Smart SIM KOMPAS.com/GilangSmart SIM
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi syarat wajib bagi setiap pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua atau pun roda empat.

Persyaratan ini sesuai dengan Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), yakni pasal 81 ayat (2).

Di dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa pemohon SIM usia minimal adalah 17 tahun untuk SIM A, SIM C dan SIM D.

Pengamat masalah transportasi Budiyanto mengatakan, pada prinsipnya setiap orang yang telah mempunyai persyaratan dan kemampuan untuk mengemudikan kendaraan bermotor sesuai dengan aturan yang ada diperbolehkan.

Baca juga: Membeli Kendaraan Bekas, Perlu Cek Status STNK?

“Definisi pengemudi adalah setiap orang yang mengemudikan kendaraan dan sudah mempunyai SIM,” kata Budiyanto kepada Kompas.com, Jumat (29/1/2021).

,VIA Vanitha Driving School ,

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya itu juga mengatakan, SIM sebagai salah satu syarat seseorang untuk mengemudikan kendaraan sesuai dengan golongannya.

“Belum memiliki SIM dari aspek hukumnya setiap orang yang belum memiliki SIM dilarang mengemudikan kendaraan bermotor, karena akan membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain di Jalan,” tutur dia.

Menurutnya, SIM merupakan bukti legitimasi kemampuan seseorang untuk dapat mengemudikan kendaraan sesuai dengan golongannya.

Baca juga: Blokir STNK Bisa dari Rumah, Begini Caranya

Budiyanto juga menyoroti soal banyaknya kejadian kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bocah di bawah umur seperti yang baru saja terjadi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Di mana seorang bocah berusia 14 tahun mengemudikan mobil KIA Picanto dan menabrak 8 pemotor hingga menyebabkan seorang pengendara tewas.

Aiptu Jailani (tengah) saat memberi pelatihan kepada pemohon SIM di halaman Satlantas Polres Gresik, Jumat (16/11/2018). KOMPAS.com/HAMZAH Aiptu Jailani (tengah) saat memberi pelatihan kepada pemohon SIM di halaman Satlantas Polres Gresik, Jumat (16/11/2018).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.