Anak Kecil Rentan Terlibat Kecelakaan Saat Berkendara di Jalan

Kompas.com - 30/01/2021, 07:42 WIB
Ilustrasi kecelakaan mobil. SHUTTERSTOCKIlustrasi kecelakaan mobil.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan bocah usia 14 tahun di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bisa menjadi pelajaran penting. Terutama bagi para orang tua yang membiarkan anaknya yang belum cukup umur untuk mengemudikan mobil di jalan raya.

Pasalnya, pada kejadian ini pengemudi yang berstatus ilegal itu menubruk total 8 motor, hingga menyebabkan 1 orang tewas karena ditabrak dari belakang ketika berhenti di lampu merah.

Meski selama ini tidak sedikit orang tua yang justru merasa bangga dengan keahlian anaknya mengemudi, padahal sangat berbahaya. Selain itu, status sosial yang dianggap meningkat karena bisa mengemudikan kendaraan sebelum waktunya juga sudah jadi budaya salah kaprah di tengah masyarakat.

Mengingat, anak yang masih di bawah umur dan mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya rentan mengalami kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Bisa atau Tidak SIM Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan?

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, salah satu penyebabnya karena anak di bawah umur belum siap secara mental ketika membawa kendaraan.

Siswa SMA sudah bisa mengemudikan mobil meski belum cukup peryaratan memiliki SIM.Febri Ardani Siswa SMA sudah bisa mengemudikan mobil meski belum cukup peryaratan memiliki SIM.

Sehingga, tidak sedikit yang mudah terbawa emosi sehingga melakukan tindakan yang justru bisa berbahaya bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

“Pengemudi yang belum cukup umur bisa dikatakan belum siap secara mental, “ kata Marcell kepada Kompas.com, Jumat (29/1/2021).

Menurutnya, seseorang bisa dikatakan sudah dewasa dan cukup mental untuk mengemudikan kendaraan bermotor adalah usia 17 tahun.

Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa salah satu persyaratan untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) minimal 17 tahun.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa KTP Jadi Syarat Wajib Saat Bayar Pajak Kendaraan

Ketika berusia 17 tahun seseorang sudah dianggap dewasa karena sudah cukup berkembang baik secara fisik, perilaku, dan mental.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X