Sensasi Menyetir Fortuner Facelift di Dalam dan Luar Kota

Kompas.com - 29/01/2021, 09:22 WIB
Review Toyota New Fortuner VRZ TRD Sportivo untuk harian Kompas.com / Setyo AdiReview Toyota New Fortuner VRZ TRD Sportivo untuk harian

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Fortuner facelift masih mengusung mesin yang sama dengan model sebelumnya. Hal ini bukan kabar buruk, sebab mesin ini menawarkan performa yang seimbang antara tenaga dan torsi besar, serta efisiensi bahan bakar yang relatif irit.

Model yang kami coba merupakan New Fortuner 4x2 2.4 TRD Sportivo A/T dengan mesin diesel 2GD-FTV 2.393 cc VNT Intercooler.

Mesin tersebut menyalurkan tenaga ke roda belakang dengan daya 149 ps atau setara 147 tk dan torsi 40,8 kgm atau setara 400 Nm.

Baca juga: Adu Tarif Bus Selonjoran dan Double Decker Trayek Jakarta–Yogyakarta

Review Toyota New Fortuner VRZ TRD Sportivo untuk harianKompas.com / Setyo Adi Review Toyota New Fortuner VRZ TRD Sportivo untuk harian

Performa mesin ini untuk dipakai di dalam kota terbilang sudah lebih dari cukup. Torsi sebesar 400 Nm membuat Anda jarang menginjak pedal gas dalam-dalam.

Saat kondisi stop and go di kemacetan, Anda cukup menyentuh sedikit pedal gas untuk membuat mobil berjalan. Sebab mesin turbo sudah mulai spooling dari sekitar 1.500 rpm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika ingin lebih berakselerasi tinggal ganti mode berkendara ke Power Mode, maka secara spontan gas menjadi semakin ringan. Padahal dengan ukuran yang besar, Fortuner pasti punya bobot yang cukup berat.

Baca juga: Bersiap, Mesin Diesel Bakal Jadi Korban Pertama Mobil Listrik

Test Drive Toyota FortunerKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Toyota Fortuner

Namun mencapai kecepatan 100 kpj ternyata terasa begitu mudah. Apalagi Fortuner yang kami coba mengusung transmisi otomatis 6-percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic.

Lewat fitur ini Anda bisa mengganti posisi gigi dengan menekan paddle shift yang ada di balik setir atau menggunakan tuas transmisi yang berada di konsol tengah.

Bicara soal transmisi, Fortuner mengusung torque converter dengan perpindahan gigi yang terasa seperti transmisi manual. Performanya memang tidak begitu halus, karena masih memberikan hentakan saat perpindahan gigi.

Baca juga: BMW Menguasai Pasar Premium di Indonesia 2020, Kalahkan Mercedes-Benz

Test Drive Toyota FortunerKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Toyota Fortuner

Namun bagi beberapa orang, sensasi ini justru menyenangkan karena mobil terasa lebih berakselerasi. Seketika badan terasa tertarik ke belakang saat Anda menginjak pedal gas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.