Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Apa Itu Camber, Caster ,dan Toe Saat Spooring Mobil

Kompas.com - 26/01/2021, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara agar memperpanjang usia pakai ban adalah melakukan perawatan spooring. Dengan begitu, telapak ban bisa terhindar dari irregular wear atau keausan yang tidak merata.

Ketika melakukan spooring, ada tiga komponen yang disetel pada kaki-kaki kendaraan yaitu camber, sudut caster, dan toe. Lalu apakah pembaca sudah tahu apa arti dari setelan sudut caster, camber dan toe tersebut?

Kali ini, Otopedia Kompas.com akan membahasnya demi menambah pengetahuan para pemilik mobil.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal menjelaskan, apa saja maksud dari camber, sudut caster, dan toe pada kaki-kaki kendaraan.

Jadi, Camber adalah sudut kemiringan roda, cara melihatnya dari bagian depan kendaraan.

Baca juga: Ini Jenis Pelanggaran yang Diincar Kamera ETLE dan Sanksinya

Megembalikan sudut kemiringan roda yang idealviarohidinthea.com Megembalikan sudut kemiringan roda yang ideal

“Jika antara roda kiri dan kanan akan terlihat membentuk kerucut ke atas, disebut camber positif. Sedangkan kalau kerucut ke bawah, disebut dengan camber negatif. Camber ini memengaruhi setir jadi ringan atau berat serta kestabilannya,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Senin (25/1/2021).

Camber positif membuat setir jadi ringan, namun kurang stabilitasnya. Sebaliknya, camber negatif membuat mobil lebih stabil walau agak berat setirnya. Selanjutnya, sudut caster terbagi menjadi dua, caster positif dan negatif.

“Semua mobil pasti setingnya caster positif yakni roda agak ke depan dari kemudi. Hal ini bertujuan agar mudah dikendalikan dan stabil di jalan yang lurus,” kata Zulpata.

Baca juga: Komparasi Hyundai Palisade dengan Pajero Sport dan Fortuner

Kondisi toe in dan toe out pada ban.uktyres.co.uk Kondisi toe in dan toe out pada ban.

Terakhir, yaitu toe yang terbagi jadi dua, toe in dan toe out. Cara melihatnya yaitu dari bagian atas kendaraan. Kalau roda bagian depan lebih masuk dari yang belakang, disebut dengan toe in, sedangkan jika bagian depan lebih lebar, disebut dengan toe out.

“Fungsi dari toe in atau out ini lebih ke arah steering dan kestabilan. Toe in membuat steer jadi responsif, toe out membuatnya tidak terlalu sensitif,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com