Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Spooring pada Mobil Harus Rutin Dilakukan

Kompas.com - 24/10/2020, 12:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi tugas rutin bagi pemilik kendaraan untuk melakukan proses penyelarasan roda mobil. Kebiasaan yang sering melewati jalan dengan tidak tertentu bisa membuat setelan roda berubah.

Hal ini terjadi lantaran roda mengalami kontak langsung dengan permukaan jalan. Roda akan mendapat efek saat ban mobil menghajar jalan berlubang atau rusak.

Baca juga: Fungsi Punuk Wearpack MotoGP, dari Wadah Minum Sampai Chip Canggih

“Efek paling terasa setir tidak bisa lurus dan mobil terasa liar dikendarai, setir terasa lari-larian, masalah itu muncul dari roda,” ujar Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian belum lama ini kepada Kompas.com.

Selain berpengaruh pada pengendalian atau handling, berubahnya setelan roda mobil juga bisa menyebabkan ban rusak. Sebab dengan kemiringan yang berubah, titik tumpuan mobil saat diisi beban juga berganti.

Balancing roda mobil dilakukan dengan menempel besi atau timah kecil pada titik yang perlu diseimbangkan.vishvastyres.com Balancing roda mobil dilakukan dengan menempel besi atau timah kecil pada titik yang perlu diseimbangkan.

Belum lagi efek ban habis yang tidak merata karena perubahan tersebut. Untuk memperbaikinya, diperlukan wheel alignment yang menyetel sudut camber, caster, dan toe.

“Ban yang habisnya tidak merata terjadi karena ada bagian yang tertarik, makanya saat proses spooring atau balancing sebaiknya sambil dilakukan rotasi ban,” kata Deni.

Baca juga: Masih Banyak yang Sepelekan Kebiasaan Tutup Kaca Helm saat Berkendara

Deni mengatakan sebetulnya tidak ada patokan waktu yang baku melakukan spooring atau balancing. Asal posisi kemudi masih baik-baik saja, tidak ada kendala dalam pengendalian, roda mobil bisa dikatakan aman.

“Namun sesuai anjuran parbikan, idelanya spooring dilakukan setiap enam bulan sekali atau 10.000 Km. Sambil mengecek kembangan ban juga, apakah habisnya rata dan tidak,” katanya.

Apalagi dengan kondisi jalan yang relatif masih belum mulus seluruhnya, dan sering memacu mobil dalam kepentingan tinggi. Besar kemungkinan setelah roda pasti berubah.

“Ujung-ujungnya spooring atau balancing juga bisa menghindari terjadinya kerusakan pada komponen kaki-kaki lainnya,” ujar Deni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com