Hubungan Adrenalin dengan Melaju Kencang di Jalan Tol

Kompas.com - 26/01/2021, 09:22 WIB
Ilustrasi berkendara di tol trans jawa dok.HPMIlustrasi berkendara di tol trans jawa

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan bebas hambatan alias jalan tol, kerap menjadi kesempatan bagi pengemudi untuk memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi. Meski begitu, pengendara juga harus memerhatikan batas kecepatan yang sudah ditentukan.

Tidak hanya itu, menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, ada faktor psikologis saat mobil melaju dengan cepat.

Baca juga: Hal yang Bisa Dilakukan Pengemudi Saat Ketahui Rem Truknya Blong

“Semakin cepat itu, adrenalin pengemudi akan semakin tinggi. Efeknya jarak pandang menyempit. Ini memengaruhi cara berkendara, pengemudi kurang awas dengan sekeliling,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ilustrasi berkendara.Stanly/Otomania Ilustrasi berkendara.

Sony mengungkapkan, dalam berkendara dengan kecepatan tinggi pengemudi harus berusaha rileks. Baik secara tubuh maupun pikiran.

Ini agar pengemudi masih mampu untuk memutuskan segala sesuatu yang berkaitan dengan mengemudi kendaraan secara aman. Terutama dalam menilai kondisi lingkungan sekitar jalan tol yang memiliki banyak faktor penyebab kecelakaan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kebiasaan Buruk Pengemudi Truk yang Berbahaya, Gigi Netral di Turunan

“Kedua, bisa tidak pengemudi membaca situasi dan lingkungan yang berubah. Baik rambu maupun pengendara lain. Ini mengapa pengemudi tidak boleh memiliki ego besar dan harus melakukan pola berkendara defensif,” kata Sony.

Faktor-faktor yang tidak diketahui selama perjalanan di tol antara lain kondisi jalan dalam hal ini kontur yang berbeda, cuaca, kelembaban udara, serta angin,



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X