Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rookie Ducati Ini Sering Latihan Pakai Panigale V4

Kompas.com - 24/01/2021, 12:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JEREZ, KOMPAS.com - MotoGP 2021 akan dimeriahkan tiga pebalap debutan. Enea Bastianini dan Luca Marini di Avintia Ducati, serta Jorge Martin di Pramac Ducati.

Sebelum musim 2021 dimulai Martin mengatakan sudah sering berlatih menggunakan Ducati. Tapi bukan Desmosedici GP20 melainkan superbike Ducati Panigale V4R.

Baca juga: Kapan Tilang Uji Emisi Mulai Berlaku di DKI?

Ducati Panigale V4RFoto: Ducati Ducati Panigale V4R

"Saat saya menandatangani kontrak dengan Ducati, saya mengatakan kepada mereka bahwa saya membutuhkan motor untuk berlatih," kata Martin mengutip Motorsport-Total, Sabtu (23/1/2021).

Mantan pebalap KTM itu mengatakan Panigale V4R merupakan motor yang idel buat latihan. Setidaknya sedikit banyak dia bisa mengenal karakteristik Ducati.

"Ducati V4 memiliki kombinasi yang sempurna untuk belajar. Ia memiliki banyak tenaga, tapi sasisnya tidak terlalu kaku. Banyak informasi dan sensasi," katanya.

Baca juga: Patwal Jawa Barat Pakai Hyundai Kona Electric

Jorge Martin Jorge Martin

Martin mengatakan, berlatih menggunakan Panigale V4R membuat gaya balapnya berbeda.

"Mentalitas berubah. Ketika naik motor ini, saaya melihat bahwa semuanya berjalan lebih cepat dan saya memahami bahwa harus mengubah beberapa hal dari cara berlatih," katanya.

Spesifikasi mesin Panigale V4R mirip dengan Desmosedici MotoGP. Mampu menghasilkan 221 tk pada 15.250 rpm. Dengan bobot 172 kg, power to weight ratio (PWR) mencapai 1,28:1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com