Kompas.com - 23/01/2021, 15:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tepat hari ini, akun Instagram Prosignal Indonesia mengunggah satu foto mobil Hyundai Kona Electric yang dijadikan mobil Patwal. Tampaknya mobil seharga Rp 697 juta itu baru selesai dimodifikasi dengan memasang strobo dan sirene.

Ketika dikonfirmasi Kompas.com, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, penggunaan Kona Electric sebagai Patwal karena merupakan mobil masa depan, di mana bahan bakar minyak yang tidak bisa diperbarui sehingga akan habis.

“Maka, solusi untuk transportasi di Indonesia termasuk Jawa Barat adalah dengan mobil listrik. Terlebih nantinya Hyundai membangun pabrik untuk baterainya di wilayah Jawa Barat,” ucap Uu kepada Kompas.com, Sabtu (23/1/2021).

Baca juga: Mengapa Bus Masuk di Tarif Tol Golongan I?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lightbar Sirine Strobo Whelen (@prosignal_indonesia)

 

Dengan begitu, Jawa Barat sebagai pelopor dan Uu berharap pemerintah kabupaten dan kota untuk segera memiliki mobil listrik ini. Begitu juga dengan masyarakat, jadi melirik untuk memiliki kendaraan listrik.

Mobil Patwal tersebut merupakan salah satu dari tiga mobil listrik setelah serah terima antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PT Hyundai Motors Indonesia pada 29 Desember 2020.

Sedangkan dua lagi dipakai oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Kemudian, Uu menambahkan bahwa ada satu unit mobil listrik lagi yang akan datang dan digunakan oleh Pemprov Jabar.

Baca juga: Skuter Listrik Spacebar Mendunia, Banyak Peminat dari Luar Negeri

“Pak Gubernur juga berencana seluruh kepala dinas juga diganti dengan mobil listrik,” kata Uu.

Untuk spesifikasinya, secara dimensi, Kona Electric mempunyai ukuran panjang 4.180 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.555 mm. Selayaknya mobil crossover, mobil memiliki ground clearance sebesar 158 mm.

Review Hyundai Kona Electric. SUV berpenggerak listrik dari Hyundai dengan banderol Rp 600 juta-anKompas.com / Setyo Adi Review Hyundai Kona Electric. SUV berpenggerak listrik dari Hyundai dengan banderol Rp 600 juta-an

Bicara performa, mobil ini dibekali motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang disuplai oleh baterai lithium ion 39,2 kWh, dan mampu mengembuskan torsi 395 Nm yang didistribusikan ke roda depan.

Jarak tempuh Kona Electric mencapai 345 km (berdasarkan NEDC) dan 289 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya penuh. Pengisiannya dari 0-100 persen membutuhkan 54 menit dengan pengisian cepat atau 19 jam bila menggunakan portable charging (di rumah).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.