Musim Hujan, Ini Cara Tepat Bikin Kabin Mobil Tetap Segar

Kompas.com - 20/01/2021, 13:41 WIB
Ilustrasi karpet mobil berbahan dasar beludru Dok. Otomotif GroupIlustrasi karpet mobil berbahan dasar beludru

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan, pemilik mobil harus ekstra dalam melakukan perawatan kendaraannya. Bukan hanya eksteriornya, melainkan juga pada interior atau kabin.

Tak jarang pemilik mobil yang masuk ke mobilnya dengan kondisi basah, baik hanya kakinya maupun bahkan pakaiannya yang sedikit basah. Kondisi ini dapat membuat jok atau karpet mobil juga ikut kebasahan.

Baca juga: Mitos Atau Fakta, Semakin Gelap Kaca Film Kabin Mobil Makin Adem?

Pemilik Vertue Concept Edy mengatakan, saat musim hujan, terkadang karpet basah sisa kaki yang terkena hujan bisa memicu bau apak.

Karpet Mobil berbahan dasar karet cocok dipakai pada musim hujanDok. Otomotif Group Karpet Mobil berbahan dasar karet cocok dipakai pada musim hujan

Untuk menghilangkan aroma tidak sedap tersebut, wewangian atau parfum mobil memang efektif, tetapi tidak bertahan lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika aroma parfum sudah habis, bau apak akan muncul kembali.

"Cuci karpet atau pelapis pada bagasi. Lalu, lakukan hal yang sama untuk karpet interior. Biasanya, sumber bau paling besar ada di bagian ini. Setelah dicuci, jangan lupa untuk keringkan sampai tuntas," ujar Edy kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Rawat Bodi Mobil Paling Simpel di Musim Hujan

Edy menambahkan, buka sedikit bagian kaca semalaman. Langkah ini membantu sirkulasi udara dengan yang baru. Namun, lakukan ini di tempat yang tidak terbuka atau di garasi yang aman dari hujan.

"Jika jok dilapisi bahan fabric, cuci atau bersihkan dengan sabun yang memiliki pH rendah seperti sabun bayi. Jangan lupa dikeringkan," kata Edy.

Karpet mobilFirst Class dengan bahan PVC Coil, penampilannya seperti mie kriting.Vertue Concept Karpet mobilFirst Class dengan bahan PVC Coil, penampilannya seperti mie kriting.

Untuk penggemar kopi, bisa juga memanfaatkan kopi bubuk. Caranya, diletakkan pada sudut kabin dan didiamkan semalaman. Tak harus kopi mahal, asalkan kopi hitam.

Namun, perlu diingat, tidak semua karpet bisa diperlakukan sama. Cari yang paling sesuai, kalau bau apak masih tetap muncul, sebaiknya bawa ke salon mobil untuk dilakukan perawatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.