Musim Hujan, ini 6 Komponen Sepeda Motor yang Wajib Dicek

Kompas.com - 21/01/2021, 14:21 WIB
Warga melintasi banjir di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang pada Jumat (4/12/2020). KOMPAS.COM/DEWANTOROWarga melintasi banjir di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang pada Jumat (4/12/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan, sepeda motor membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra. Selain bagian bodi dan penerangannya, komponen di area mesin juga penting untuk dicek secara berkala.

Ketika komponen mesin bermasalah saat musim hujan, tentu akan merepotkan saat terjadi mogok. Selain itu, biaya perbaikannya juga bisa saja tinggi.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Begini Cara Keringkan Helm yang Benar

Untuk itu, saat berkendara dengan motor di musim hujan, setidaknya ada enam komponen yang perlu dicek kondisinya secara berkala.

Busi motor Injeksizona435412 Busi motor Injeksi

1. Busi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Busi termasuk bagian yang sangat vital pada motor. Sebab, komponen ini yang berperan pada pengapian. Begitu pula dengan tutup busi yang melindungi busi dari air.

“Pemeriksaan tutup busi dapat dilakukan dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi. Kemudian, bersihkan air dan kotoran pada tutup busi agar kembali bersih,” ujar Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Liburan Akhir Tahun, Waspada Fatalitas Berkendara di Musim Hujan

Filter udara pada sepeda motorIstimewa Filter udara pada sepeda motor

2. Saringan Udara

Fungsi saringan udara adalah menyaring debut dan partikel kotoran agar tidak masuk ke ruang bakar. Saat komponen ini menjadi basah, maka pembakaran di ruang bakar mesin akan terganggu.

Dengan begitu, akan menghambat proses masuknya udara ke ruang bakar mesin. Sehingga, performa motor akan terasa berat serta kurang bertenaga.

“Cara perawatannya adalah dengan melakukan pengecekan dan penggantian saringan udara secara berkala,”kata Ribut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.