Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Rawat Bodi Mobil Paling Simpel di Musim Hujan

Kompas.com - 17/01/2021, 11:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering turun hujan pemilik mesti lebih perhatian sama mobilnya. Sebab jika sering abai melakukan perawatan bisa berdampak cat menjadi kusam.

Roni Agung, Kepala Bengkel Body & Paint Astra Peugeot Sunter, mengatakan, cara mudah merawat mobil di musim hujan yakni sehabis terkena hujan maka sebaliknya langsung dibersihkan dengan air.

Baca juga: Musim Hujan, Biker Jangan Asal Cari Tempat Berteduh

Peugeot Foto: Peugeot Peugeot

Jangan dibiarkan sampai mengering di bodi kemudian keesokannya sebelum dicuci dipakai lagi saat terik. Hal itu membuat cat menjadi kusam dan bisa menimbulkan bercak.

“Agar mobil selalu tampil kinclong dan enak dilihat, cat bodi mobil sepantasnya dilindungi. Sebaiknya pasca-hujan, mobil dirawat dengan membersihkan sekaligus mengeringkan bodi,” kata Roni dalam rilis resmi, Sabtu (16/1/2021).

Roni mengatakan, saat mencuci mobil juga jangan sembarangan. Pastikan waktu mencuci dilakukan di tempat yang tidak terkena matahari langsung untuk mencegah air mengering sendiri.

Baca juga: Zaman Sekarang TV di Bus Hanya Sebagai Pelengkap

Peugeot Foto: Peugeot Peugeot

"Setelah membilas, langsung keringkan permukaan bodi mobil yang basah. Jika mobil terguyur hujan dalam perjalanan, ada baiknya segera keringkan titik air dengan lap chamois saat sampai di tujuan," katanya.

Roni mengatakan, air memang bisa untuk merawat cat bodi mobil. Tapi air juga dapat menjadi musuh dari cat jika mobil yang basah sering dibiarkan kering dengan sendirinya.

"Karena akan menyebabkan pembentukan jamur pada sekujur bodi mobil," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com