Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deteksi Masalah pada Mobil Diesel Bisa dari Warna Asap Knalpot

Kompas.com - 20/01/2021, 14:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan kondisi yang tidak prima atau mengalami masalah serta kerusakan bisa ditandai dari warna asap knalpot yang dikeluarkan.

Untuk mobil diesel, biasanya knalpot akan mengeluarkan asap berwarna hitam atau putih jika kendaraan mengalami masalaah.

Baca juga: Sering Salah Kaprah, Mobil Mesin Diesel Bukan Berarti Tahan Banjir

“Ada berbagai faktor yang bisa membuat asap knalpot berwarna hitam, namun umumnya karena campuran bahan bakar yang terlalu banyak atau terlalu boros,” Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Didi melanjutkan, masalah lainnya bisa juga disebabkan oleh injector yang kotor, atau aus, serta turbocharger yang rusak sebagai akibat dari kegagalan fungsi mengirim pasokan udara yang tidak sesuai dengan jumlah bahan bakar.

Ilustrasi polusi kendaraan, asap mobilSHUTTERSTOCK/ssuaphotos Ilustrasi polusi kendaraan, asap mobil

“Selain itu, filter udara yang juga sudah kotor juga bisa jadi penyebab, sehingga pasokan udara yg masuk ke mesin kurang atau karena rasio Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tidak tepat,” katanya.

Kemudian Didi menambahkan, apabila knalpot mobil mengeluarkan asap berwarna putih menandakan adanya kebocoran pada oli.

Baca juga: Begini Cara Atasi Diesel Runaway pada Mobil

“Biasanya bahan bakar terlalu sedikit, atau tercampur oli. Oli yang masuk ke ruang pembakaran bisa membuat campuran oli yang dibakar asapnya bisa berubah putih,” tambah Didi.

Menurut Didi, mobil diesel yang sehat normalnya tidak akan mengeluarkan asap berwarna hitam ataupun putih.

Jika pemilik kendaraan mengalami masalah tersebut, bisa mengecek pompa injeksi, injektor, atau filter bahan bakar. Sebab, masalah pada komponen tersebut bisa menyebabkan mesin mengeluarkan asap yang ngebul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com