Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukti Pengendara Motor Tak Hanya Butuh Teknik tapi Juga Skill Khusus

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video viral di media sosial, memperlihatkan seorang pengendara motor yang kelimpungan mengendalikan motornya dan nyaris celaka.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, @agoez_bandz4, pengendara itu beraksi lepas tangan. Kemudian masuk tikungan dia mengerem tapi motornya sulit dikendalikan.

Akhirnya motornya memotong jalur pengendara lain di tikungan. Sang pengendara selamat. Tapi dia nyaris mencelakai dirinya dan pengendara lain yang saat itu melintas.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, kejadian tersebut merupakan bukti mengendarai motor butuh kemampuan yang baik.

"Kalau kita lihat pertama di melaju di atas 40 kpj, kemudian dia terlambat mengerem, breaking point-nya telat. Dia melakukan pengereman dengan ban belakang saja, sehingga terjadi overstreer di mana bagian roda belakang mengunci," kata Jusri kepada Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Terlepas dari cara berkendara, Jusri mengatakan, kejadian ini menyangkut masalah keterampilan. Keterampilan kata Jursi ada dua, keahlian yang sifatnya teknis dan soft skill.

Dalam hal ini pengendara tersebut kurang soft skill karena tidak memperhitungkan risiko yang bisa terjadi. Dia juga tidak fokus saat berkendara dan berisiko mencelakai orang lain.

Pada dasarnya kejadian ban belakang mengunci sehingga motor sulit dikendalikan tersebut tidak akan terjadi jika pengendara itu tidak main-main di jalan.

"Masalahnya dia mengendarai motor kemudian oversteer dan dekat belokan, masih beruntung itu hanya sepeda motor yang melintas, kalau truk sudah habis dia," katanya.

"Mengenai kemampuan, masalah keterampilan tidak mesti ada tapi bisa berangkat dari pengalaman dan akan meningkat sendirinya, tapi soft skill ini juga perlu," katanya.

"Kenapa dia melakukan itu, (bermain-main) saat sedang berkendara," kata Jusri.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/20/162100915/bukti-pengendara-motor-tak-hanya-butuh-teknik-tapi-juga-skill-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke