Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Fitur yang Hilang pada Honda All New CBR150R

Kompas.com - 19/01/2021, 07:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda CBR150R dibekali beberapa fitur baru. Salah satu yang paling banyak dibicarakan ialah penggunaan suspensi depan upside down.

Meski demikian sebetulnya ada fitur yang hilang dari All New CBR150R dari model sebelumnya, yaitu shockabsorber belakang sekarang sudah tidak lagi menggunakan setelan kekerasan.

Baca juga: Perbedaan Suspensi Upside Down All New CBR150R dengan CBR250RR

Aksesori resmi Honda All New CBR150RAHM Aksesori resmi Honda All New CBR150R

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, setingan suspensi belakang sengaja dihilangkan karena jarang digunakan.

"Karena setelah kita tanya jarang yang mengunakannya. Jadi produsen sudah bikin tapi jarang dipakai," kata Endro saat ditemui di AHM Safety Riding Park, Cikarang, belum lama ini.

Pada CBR150R facelift model 2018 Honda membekali dengan Preload Adjustment. Shock belakangnya bisa diatur dengan lima tingkat kekerasan.

"Untuk All New CBR150R tingkat kekerasannya setelan standar (default) disamakan ke level 2 di tipe yang sebelumnya," kata Endro kepada Kompas.com.

Baca juga: Modifikasi All New CBR150R Pakai Lengan Ayun CBR250RR

All New CBR150R Foto: AHM All New CBR150R

Serupa tak sama

Suspensi depan All New CBR150R juga berbeda dengan punya CBR250RR. Meski tampilannya serupa dan sama-sama punya diameter as 37 mm tapi bagian dalamnya berbeda.

All New CBR150R pakai tipe Separated Front Fork - Big Piston (SFF-BP) buatan Showa. Sedangkan CBR250RR, tetap dari Showa tapi tipenya SFF.

"Kalau All New CBR150R pakai big piston kalau di CBR250RR pakai cartridge. Keduanya sama-sama bagus, hanya beda peruntukkan saja," kata Endro.

"Suspensi All New CBR150R cenderung digunakan di on road. CBR250RR dia lebih bagus saat dipakai cornering. Selain itu juga lebih baik saat melewati jalan rusak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com