Jajal Bus Tingkat Rosalia Indah Jurusan Bogor-Malang

Kompas.com - 16/01/2021, 08:02 WIB
Bus AKAP PO Rosalia Indah KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIBus AKAP PO Rosalia Indah

BOGOR, KOMPAS.com – Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Ada ratusan armada milik PO asal Karanganyar ini dengan berbagai jurusan dan trayek di seputar Pulau Jawa.

Bahkan PO ini memiliki 15 unit bus tingkat atau double decker. Seperti yang Kompas.com temui di agen PO Rosalia Indah di Tajur, Bogor. Kali ini, kita akan sedikit membahas soal bus dengan trayek Bogor – Malang yang memiliki tiga kelas pelayanan.

Sebelum membahas kabin bus mewah ini, kita lihat dulu bagian eksteriornya. Bodi yang digunakan adalah Jetbus 3+ Super Double Decker (SDD) yang dipasang ke sasis Volvo B11R triple axle atau tronton.

Baca juga: Repsol Honda Membajak Ratu Elektronik Andalan KTM

Bus AKAP PO Rosalia IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP PO Rosalia Indah

Rosalia Indah sendiri melakukan kampanye memakai masker, sesuai dengan kondisi pandemi saat ini. Pada tampilan samping, ditambah stiker seperti tali masker, seolah-olah bus tingkat ini memakai masker berwarna oranye.

Kemudian ada hal yang spesial dari bodinya, yaitu bentuk selendang samping yang lebih pendek, tidak seperti bus tingkat buatan Adiputro umumnya. PO Rosalia Indah memang kerap mengkustomisasi bentuk busnya dengan sentuhan-sentuhan unik.

Beralih ke bagian kabin, PO Rosalia Indah trayek Bogor – Malang ini memiliki tiga kelas pelayanan yaitu First Class dan Super Top yang ada di dek bawah. Kemudian di lantai dua ada kelas Executive Plus.

Baca juga: Sering Jadi Pemicu Kecelakaan, Kenapa Pengemudi Hobi Ngebut di Jalan Tol?

Kabin bus PO Rosalia IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus PO Rosalia Indah

First Class hanya terdiri dari dua bangku, menggunakan model sleeper seat yang bisa selonjor dan rebah. Kursinya sendiri buatan Hai Rimba Kencana, dilapis dengan kulit sintetis dengan busa yang empuk, sangat nyaman untuk perjalanan jauh.

Fitur First Class sendiri, selain kursi rebah, diberikan bantal dan guling. Lalu ada juga lampu baca, TV, port USB, dan cup holder. Kemudian beralih ke kelas lainnya yang masih di dek bawah, yaitu Super Top yang terdiri dari enam kursi saja dengan susunan 2-1.

Pembuat kursinya masih sama, Hai Rimba Kencana, menggunakan model Super Executive yang sangat lebar. Uniknya dari kursi di bus PO Rosalia Indah adalah penggunaan leg rest yang terpisah. Leg rest ini juga berfungsi sebagai foot rest dan empat sepatu.

Baca juga: Bus Baru PR Sukun, Pakai Bodi Double Decker dari Karoseri Laksana

Kabin bus PO Rosalia IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus PO Rosalia Indah

Ketika dicoba leg rest nya, ternyata rasanya tetap nyaman. Walaupun bagian lutut tidak tertopang, rasanya nyaman karena kaki bisa selonjor. Kemudian penempatan foot restnya juga pas, tetap nyaman walau tinggi reporter Kompas.com 178 cm.

Kemudian beralih ke dek atas, kelas Executive Plus dengan 34 kursi dengan susunan 2-2. Bentuk kursinya kurang lebih sama, disertai leg rest terpisah seperti di kelas Super Top, hanya saja ukurannya yang lebih kecil.

Kabin bus PO Rosalia IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus PO Rosalia Indah

Walaupun lebih kecil, saat dicoba di kursi bagian belakang, kaki masih bisa selonjor dengan nyaman, tidak mentok dengan kursi di depannya. Untuk stop kontak, di kelas Executive Plus, disediakan pada bagasi di atas kepala penumpang.

Untuk variasi harga tiket dengan trayek Bogor – Malang ini, PO Rosalia Indah memberi harga Rp 495.000 untuk First Class, Rp 425.000 untuk Super Top dan Rp 380.000 untuk kelas Executive Plus.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X