Simak Cara Lepas Stiker di Bodi Motor Tanpa Tinggalkan Bekas

Kompas.com - 16/01/2021, 14:02 WIB
Stiker water decal, cara modifikasi tampilan motor lebih mudah Otomania/Setyo AdiStiker water decal, cara modifikasi tampilan motor lebih mudah

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan stiker atau decal guna menutupi bodi motor dengan warna atau motif yang disukainya. Alasan utamanya karena praktis dan mudah diganti jika bosan.

Namun, tak jarang terjadi saat melepas stiker yang menempel, ada residu lemnya yang tertinggal. Kondisi tersebut tentu cukup menjengkelkan karena membuat bodi motor jadi terlihat kusam atau kotor.

Baca juga: [VIDEO] Impresi Perdana Jajal Honda All New CBR150R

Sebenarnya, ada cara yang tepat untuk melepas stiker dengan bersih. Seperti yang dikatakan oleh Reynalto Priyanto, pemilik Rey Decal.

Honda PCX 150 menggunakan decal di seluruh body-nya.Donnyantoro Honda PCX 150 menggunakan decal di seluruh body-nya.

Pria yang akrab disapa Rey ini menyarankan, sebaiknya saat melepas stiker, lakukan dengan perlahan-lahan dan jangan berhenti.

"Usahakan untuk melakukannya dengan sekali tarikan. Jika ada sisanya, bisa dibersihkan dengan menggunakan bensin," ujar Rey, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Perbedaan Suspensi Upside Down All New CBR150R dengan CBR250RR

Rey menambahkan, jika ada sisa-sisa stiker yang keras, sebaiknya gunakan sticker remover yang banyak dijual di pasaran atau secara online. Sticker remover juga biasanya terdapat di toko-toko bangunan.

"Setelah stiker dilepas semua, lanjutkan dengan mencuci kendaraannya," kata Rey.

Suzuki Address dengan livery MotoGPAzwar Ferdian/KompasOtomotif Suzuki Address dengan livery MotoGP

Jika hasilnya ingin lebih maksimal, sehabis motor dicuci, poles bodinya sekalian dengan menggunakan wax. Namun, jangan dipoles jika cat bawaan motor menggunakan cat dof atau matte. Sebab, justru akan mengubah tampilannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.