Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2021, 13:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Elbike Garage bentukan PT Elnusa Tbk melalui tim Inovasi AGNI, sudah memperkenakan motor konsep dual purpose bernama ECR-3000.

Saat ini motor yang dinamakan Bima Enduro tersebut masih dalam tahap prototipe. Pihak Elbike sedang menjalani proses supaya motor bisa diproduksi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Elbikegarage (@elbikegarage)

CEO dan Founder Elbike Fachrul Mutaqien, tidak menyebut secara pasti kapan motor diproduksi massal dan dijual umum, tapi konsepnya nanti bisa ditawarkan sebagai motor konversi.

Baca juga: Spesifikasi Bima Enduro ECR-3000 Besutan Elbike Garage

"Saya bisa menjawab seperti ini, saat ini membuat prototipe dan rencananya kita juga membuat produk konversi motor bahan bakar bensin jadi listrik. Itu akan lebih besar, karena ke depan kita bergerak ke elektrik," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Fachrul mengatakan, prototipe Bima Enduro memang berstatus motor konversi. Alias motor bensin yang kemudian dimodifikasi jadi motor listrik.

Elbike Bima Enduro ECR-3000Foto: Elbike Garage Elbike Bima Enduro ECR-3000

"Karena Bima ini berbentuk motor, kita masih proses prototipe, secara surat ialah motor modifikasi, motor yang sudah ada di konversi pakai mesin motor listrik," katanya.

Fachrul mengatakan, Bima Enduro dirancang untuk tugas berat. spesifikasi Bima Enduro tidak bisa dianggap sebelah mata.

Baca juga: Elbike Bima Enduro Dirancang untuk Tugas Berat

"Kita pakai spesifikasi yang di atas. Seperti diketahui di site itu tidak ada station charging dan jaraknya lumayan jauh antara tempat satu ke tempat lain," katanya.

Elbike Bima Enduro ECR-3000Foto: Instagram Elbike Garage Elbike Bima Enduro ECR-3000

Spesifikasi Bima Enduro memakai baterai lithium 72 Volt 40 Ah dengan controller Votol EM-100. Baterainya berada di area tangki. Pengecasan dari nol butuh waktu sekira 3 jam sampai 5 jam.

Motor listriknya memakai penggerak berkapasitas 72 Volt 3.000 Watt. Motor diklaim bisa dipacu sampai kecepatan 100 km/jam.

"Power rate-nya sekitar 60 Nm. Kalau dihitung setara motor bensin berkapasitas 190cc - 230 cc, karena ada beberapa attachment seperti reduction gear yang meningkatkan torsi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.