Jelang MotoGP 2021, Honda Hanya Bisa Memantau Kondisi Marc Marquez

Kompas.com - 13/01/2021, 09:42 WIB
Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, menghadiri konferensi pers MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, pada 31 Oktober 2019. AFP/MOHD RASFANPebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, menghadiri konferensi pers MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, pada 31 Oktober 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap andalan Repsol Honda Marc Marquez, saat ini masih berjuang untuk memulihkan cedera lengan kanannya setelah menjalani operasi ketiga. Hingga kini, belum dapat dipastikan kapan pebalap berusia 27 tahun ini comeback ke lintasan balap.

Presiden Honda Racing Corporation (HRC) Tetsuhiro Hikita, mengaku pihaknya masih terus memantau kondisi terkini Marc Marquez jelang Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Baca juga: Komentar Dovizioso Soal Rumor Gantikan Marquez di MotoGP 2021

HRC tidak secara terang-terangan menyebut bakal mencari pengganti sementara. Sebab, pabrikan asal Jepang itu terus memantau kondisi terkini Marc Marquez sambil memperisapkan motor terbaik mereka.

“Saat ini, semuanya masih dalam perdebatan. Namun, kami terus memantau kondisinya secara seksama. Kami terus bekerja menyiapkan motor terbaik untuknya pada tes pramusim di Sepang (Malaysia). Kami harus melakukan segalanya demi membantu Marc Marquez,” ujar Tetsuhiro Hikita, dikutip dari Motosan, Selasa (12/1/2021).

Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)MOHD RASFAN Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

Sebelumnya, The Baby Alien harus menjalani operasi bedah ketiga pada awal Desember 2020. Operasi tersebut membuat dirinya diprediksi bakal absen hingga enam bulan ke depan. Kondisi itu tentu membuat HRC dan Repsol Honda pusing tujuh keliling.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, Tes Pramusim MotoGP 2021 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang akan digelar pada 19-21 Februari mendatang. Hingga mendekati sebulan jelang tes tersebut, belum ada tanda-tanda cedera Marc Marquez membaik.

Baca juga: Vinales Latihan Pakai Simulator Biomekanik

Hal itu membuat HRC kemungkinan besar akan mengandalkan Takaaki Nakagami untuk mengembangkan motor mereka yakni RC213V. Pebalap asal Jepang itu dipilih karena memiliki hasil terbaik dengan menempati peringkat ke-10.

Nama Andrea Dovizioso belakangan ini digadang-gadang akan menggantikan Marc Marquez di MotoGP 2021 sebagai pebalap untuk tim pabrikan Honda. Namun hingga kini belum ada kabar pasti terkait hal tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.