Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2021, 14:01 WIB
|

 

BARCELONA, KOMPAS.com - Menyambut musim 2021, Maverick Vinales berlatih menggunakan simulator. Tapi bukan sembarang simulator melainkan simulator khusus.

Pebalap Monster Energy Yamaha tersebut berlatih menggunakan simulator biomekanik yang disebut hanya ada satu di Eropa.

Baca juga: Ducati Lebih Utamakan Motor Ketimbang Pebalap

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Maverick Vin?ales (@maverick12official)

Keunggulan simulasi ini selain bisa diukur dan dicatat yaitu punya beban gaya saat masuk zona pengereman dan tikungan. Alhasil lebih nyata dan menyerupai asli.

Konstruksi dasar simulator ini menggunakan sasis Yamaha 600 Supersport. Simulatornya dibuat oleh "Institut Catala del Peu" atau Institut Ortopedi, Barcelona, Spanyol.

Sebelum Vinales, pebalap baru Repsol Honda, Pol Espargaro telah menjajal duluan simulator ini pada musim panas 2020. Termasuk pebalap Xavier Cardelus dan Leon Camier.

Baca juga: Ikuti Jejak Rossi, Vinales Bikin Tim Balap Sendiri

Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Di sisi lain, musim depan merupakan tahun kelima Maverick Vinales bersama tim pabrikan Yamaha. Tapi selama itu pula Vinales masih mengalami kendala dengan M1.

Sejak 2017 Vinales harus berjuang setiap balapan. Performa motor hanya bagus di awal, misal saat latihan bebas atau mengejar posisi start balap. Tapi kemudian merosot pada akhir pekan, saat balapan berlangsung.

"Kami tidak berhasil meningkat selama akhir pekan. Kami mulai dengan cukup baik tapi kemudian tertinggal dari latihan ke latihan," kata Vinales mengutip Motorsport-Total.com, Selasa (12/1/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Speedweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.