Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Sekedar Tampilan, Ini Fungsi Lain Cat Mobil

Kompas.com - 12/01/2021, 19:09 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat pada bodi mobil, menjadi daya tarik sendiri bagi para konsumen. Bahkan tidak jarang masyarakat akhirnya memutuskan membeli salah satu produk, karena mempertimbangkan warna.

Sebenarnya cat yang dibalutkan pada tubuh kendaraan yang telah diberi warna memiliki beberapa fungsi.

Baca juga: Pakai Upside Down, Harga All New Honda CBR150R Cuma Naik Rp 600 Ribu

Pertama, bertujuan sebagai hiasan (dekoratif), di mana membuat mobil menjadi lebih indah, sehingga memiliki nilai seni dan daya tarik lebih tinggi dibanding sebelum di cat.

Kedua, punya fungsi pelindung, khusunya bagian permukaan yang di cat berbahan logam. Perlindungan ini untuk menghambat terjadinya korosi, akibat pengaruh cuaca atau lingkaran sekitar. Sehingga bisa memperpanjang usia material tersebut.

Cairan pelapis cat mobil, melindungi dari ancaman goresan.Donny Apriliananda/Kompas.com Cairan pelapis cat mobil, melindungi dari ancaman goresan.

“Selain untuk mempercantik tampilan, cat juga dibuat melindungi panel mobil dari oksidasi ataupun pengaruh dari lingkungan, misal panas, karat dan lainnya,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Nissan Magnite Mulai Dikirim Maret 2021

Ketiga memiliki fungsi khusus, yaitu digunakan untuk pemantulan cahaya isolasi, penghantar listrik, peredam suara dan lainnya.

Pengecatan pada bodi kendaraan, yang bahan pelapisnya diberi warna biasanya merupakan pekerjaan pada tahap akhir atau istilahnya finishing.

“Setelah panel mobil dilapisi primer (anti karat), baru kemudian dilapisi oleh surfacer, cat dasar (base coat) lalu clear coat,” kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com